Jurnalis Foto Palestina Motaz Azaiza Tinggalkan Gaza, Kini Bertugas di Qatar

jurnalis foto independen Palestina
Sumber :
  • X @gaza_flood

Gaza – Seorang jurnalis foto independen Palestina yang meliput soal perang di Gaza memberikan gambaran hidup dan mati kepada jutaan orang di seluruh dunia di wilayah yang terkepung, telah dievakuasi setelah bertahan selama 108 hari dalam pemberitaan di tengah pemboman dan pertempuran yang tiada henti. 

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Motaz Azaiza meliput pemboman destruktif Israel di wilayah Palestina sejak Israel menyatakan perang melawan Hamas, yang telah menguasai Gaza sejak 2007, setelah serangan militan terhadap komunitas Israel pada 7 Oktober. 

Jurnalis foto Palestina Motaz Azaiza

Photo :
  • X @gaza_flood
Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Dalam sebuah video yang diposting di akun media sosialnya pada hari Selasa, Azaiza mengatakan kepada para pengikutnya bahwa dia akan meletakkan jaket antipeluru “Press” birunya untuk saat ini. Keterangannya berbunyi bahwa dia harus meninggalkan Gaza “karena banyak alasan,” namun dia tidak menjelaskan lebih lanjut.  

“Saya dievakuasi untuk banyak alasan yang kalian tahu sebagian, tapi tidak sepenuhnya. Terima kasih semuanya. Pray for Gaza,” tulisnya dalam keterangan unggahan videonya.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

“Saya minta maaf tapi insya Allah semoga saya segera kembali dan membantu membangun Gaza kembali,” ujarnya dalam video tersebut sebelum mengucapkan selamat tinggal kepada teman dan kolega di sekitarnya. 

Azaiza terus mendokumentasikan kenyataan brutal di Gaza meskipun ada risiko yang membahayakan nyawanya dan puluhan jurnalis lainnya kehilangan nyawa atau orang yang mereka cintai terbunuh dalam serangan militer Israel. 

Jurnalis foto Palestina Motaz Azaiza

Photo :
  • Instagram @motaz_azaiza

Komite Perlindungan Jurnalis bulan lalu menuduh militer Israel melakukan “pola yang jelas dalam menargetkan jurnalis dan keluarga mereka” yang kemudian dibantah oleh pemerintah Israel.

Pindah tugas

Jurnalis foto Palestina Motaz Azaiza

Photo :
  • X @azaizamotaz9

Beberapa jam setelah berpisah dengan rekan sejawatnya, dia berangkat ke Qatar menggunakan pesawat militer Qatar dari Bandara Internasional El Arish di Mesir, yang terletak sekitar 45 kilometer ke timur perbatasan Rafah, untuk menyeberang ke Gaza.

Ini merupakan satu-satunya titik masuk dan keluar di wilayah tersebut. Setelah tiba di Qatar, Azaiza berbagi melalui postingan di platform media sosial X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter) bahwa "tidak ada waktu untuk istirahat" dan dia berharap dapat melanjutkan pekerjaannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya