Profil Julia Sebutinde Hakim Asal Uganda yang Bela Israel di Mahkamah Internasional

Hakim Mahkamah Internasional Julia Sebutinde
Sumber :
  • Al Jazeera

Jakarta - Julia Sebutinde merupakan seorang hakim yang asal Uganda yang membela Israel di Mahkamah Internasional. Kini ia tengah menjadi sorotan atas dukungan tersebut.

Mesir Buka-bukaan Ada Proposal Baru soal Gencatan Senjata di Gaza

Seperti diketahui, Afrika Selatan menyeret Israel ke Mahkamah Internasional atas genosida yang dilakukan terhadap warga Palestina. Namun yang menjadi sorotan adalah Julia Sebutinde yang membela atas tendangan Israel, padahal dirinya merupakan warga dari Afrika.

Profil Julia Sebutinde

Hakim Tunda Sidang Kasus Korupsi Kementan Gegara SYL Diare

Hakim Mahkamah Internasional Julia Sebutinde

Photo :
  • The Uganda Wire

Julia Sebutinde merupakan seorang ahli hukum asal yang lahir pada 28 Februari 1954 itu artinya ia berusia 69 tahun. Ia mulai dikenal  akan kiprahnya sebagai hakim pada Mahkamah Internasional. Ia mulai menjabat sebagai hakim pada mahkamah tersebut pada tahun pada 2021.

Hamas Tegaskan Terus Serang Israel dari Lebanon Selatan

Selain itu juga, Julia Sebutinde menjadi perempuan pertama yang menjadi Hakim Mahkamah Internasional asal Afrika. Ia juga lahir pada masa ketika Uganda sedang memperjuangkan kemerdekaan dari jajahan Inggris.

Hakim Mahkamah Internasional Julia Sebutinde

Photo :
  • Al Jazeera

Setelah menyelesaikan pendidikan SMA di Gayaza, ia langsung melanjutkan pendidikan di Universitas Makerere dengan mengambil jurusan Ilmu Hukum serta lulus pada tahun 1977.

Pada tahun 1990, ia melajutkan pedidiukan Magisternya di bidang Ilmu Hukum dari Universitas Edinburgh di Skotlandia. Tepatnya pada tahun 2009, ia mengambil gelar doktor Hukum.

Sebelum bergabung di Mahkama Internasional, Julia Sebutinde sempat menjadi hakim di Pengadilan Khusus Sierra Leone pada tahun 2007.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya