Mahasiswa Palestina dan Yahudi Lakukan Aksi Mogok Makan untuk Dukung Warga Gaza

Aksi Mogok Makan Mahasiswa di Universitas Brown (Doc: Middle East Eye)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Rhode Island – Sebuah koalisi mahasiswa di Brown University di Rhode Island telah memulai mogok makan, untuk menuntut agar universitas tersebut melakukan divestasi dari perusahaan-perusahaan yang mengambil keuntungan dari genosida yang sedang berlangsung di Gaza.

Turki Hentikan Perdagangan dengan Israel Buntut Pengiriman Bantuan ke Gaza Terhambat

Dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke Middle East Eye, pada Jumat, 2 Februari 2024, kelompok tersebut mengatakan bahwa 19 mahasiswa, yang terdiri dari warga Palestina, Yahudi, dan juga komunitas mahasiswa lainnya akan terus melakukan mogok makan sampai universitas melakukan bagiannya untuk mempromosikan gencatan senjata segera dan permanen dengan memperkenalkan resolusi divestasi pada pertemuan berikutnya yang diadakan oleh badan pimpinan universitas.

VIVA Militer: Penduduk Gaza, Palestina, korban serangan militer Israel

Photo :
  • wsj.com
Jelang Hari Kebebasan Pers Sedunia, Gaza Berduka Atas Kematian 140 Jurnalis dalam Serangan Israel

Korporasi Universitas Brown, badan pengelola tertinggi universitas, akan mengadakan pertemuan pertamanya pada tanggal 8 dan 9 Februari 2024 mendatang.

“Mengingat meningkatnya kekerasan di Gaza, aksi mogok makan ini menekankan pentingnya meloloskan resolusi divestasi dalam pertemuan ini daripada menunda prosesnya lebih jauh,” kata para mahasiswa tersebut dalam sebuah pernyataan.

Kampus di Tangerang Buka Program Pertukaran Pelajar ke Luar Negeri, Ini Syarat dan Kuotanya

Kaukus Solidaritas Palestina dan Yahudi untuk Gencatan Senjata Sekarang yang mengorganisir aksi mogok makan, mengatakan bahwa mereka ingin resolusi tersebut mengikuti rekomendasi laporan yang dirilis pada tahun 2020 oleh Komite Penasihat Tanggung Jawab Perusahaan dalam Praktik Investasi (ACCRIP), yang menyerukan divestasi dari perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam pendudukan di Palestina.

Laporan tersebut mengidentifikasi perusahaan-perusahaan berikut yang akan divestasi: AB Volvo, Airbus, Boeing, DXC, General Dynamics, General Electric, Motorola, Northrop Grumman, Oaktree Capital, Raytheon dan United Technologies.

Menurut Brown Daily Herald, sekitar 350 orang hadir ketika kelompok mahasiswa mengumumkan mogok makan pada Jumat sore.

Salah satu peserta aksi mogok makan asal Palestina, Nour Abaherah, mengatakan bahwa ia terpaksa mengambil tindakan itu.

“Sebagai warga Palestina, saya telah menyaksikan kerugian besar di Gaza, Tepi Barat, dan di seluruh dunia, dampak yang berkelanjutan dari krisis kemanusiaan ini telah mendorong komitmen saya terhadap keadilan,” kata Abaherah, mahasiswa program master kesehatan masyarakat tahun kedua di Brown.

“Sejarah keluarga saya, yang terkait dengan perjuangan rakyat dan pendudukan di mana pun, memotivasi saya untuk menentang investasi dan pengambilan keuntungan dari produksi senjata serta pendudukan yang melanggengkan kekerasan di dunia kita,” tambah Abaherah, dikutip dari Middle East Eye, Senin, 5 Februari 2024.

Ariela Rosenzweig, seorang mahasiswa sarjana Yahudi yang bergabung dalam aksi mogok makan tersebut juga mengatakan partisipasinya dalam aksi mogok makan itu.

"Menunjukkan keengganan universitas untuk mengindahkan seruan saya sebagai mahasiswa Yahudi untuk melakukan divestasi dari genosida yang sedang berlangsung yang dilakukan atas nama saya. Saya tidak akan mengizinkan universitas tempat saya kuliah, masyarakat di mana saya menjadi bagiannya, atau negara tempat saya tinggal untuk mengklaim kebenaran sementara 'negara Yahudi' secara aktif melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan.”

Brown University adalah sekolah Ivy League yang telah menjadi pusat protes sejak Israel mulai membombardir Jalur Gaza, yang terkepung pada 7 Oktober 2023, setelah serangan pimpinan Hamas di Israel selatan. Mahasiswa telah berulang kali menuduh Brown melakukan investasi di pabrik senjata.

Namun, universitas tersebut menolak melakukan divestasi, dengan alasan bahwa mereka tidak berinvestasi secara langsung pada produsen senjata.

VIVA Militer: Tentara Israel di wilayah Khan Younis, Gaza, Palestina

Photo :
  • thesun.ie

Aksi mogok makan ini adalah salah satu dari beberapa upaya untuk memaksa universitas tersebut melakukan divestasi dari Israel, yang menurut para mahasiswa merupakan posisi yang tidak dapat dipertahankan dan menjadikan Brown terlibat dalam kerugian orang lain.

Pada 8 November 2023, 20 mahasiswa Yahudi yang tergabung dalam Brown U Jews for Ceasefire Now melakukan aksi duduk di universitas tersebut untuk menuntut presidennya membawa resolusi divestasi ke pertemuan Februari Corporation untuk mendukung gencatan senjata. Para mahasiswa ditangkap, dan memicu kemarahan dari komunitas universitas.

Universitas kemudian membatalkan tuduhan tersebut.

Pada bulan Desember, 41 mahasiswa melakukan aksi duduk di universitas, menyusul penembakan mahasiswa Palestina Hisham Awartani di Burlington, Vermont. Awartani adalah satu dari tiga warga Palestina yang ditembak saat mengenakan keffiyeh.

Dua pemuda lainnya pulih dari luka-luka mereka tetapi Awartani mengalami kelumpuhan dari dada ke bawah.

Para mahasiswa yang melakukan protes pada bulan Desember akhirnya ditangkap dan dakwaan mereka dijadwalkan pada tanggal 12 dan 14 Februari.

Dalam pernyataannya, koalisi mahasiswa mengatakan bahwa dukungan terhadap divestasi sebagai cara material untuk mendukung gencatan senjata permanen dan perdamaian abadi di Gaza tumbuh di kampus.

"Pemogokan ini adalah respons organisasi mahasiswa terhadap kelambanan Brown dalam menghadapi krisis yang semakin meningkat di Gaza,” tambah para mahasiswa tersebut.

Aksi mogok makan ini akan disertai dengan sejumlah program, termasuk pengajaran, pertunjukan, dan doa, kata para siswa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya