Kisah Hussam Al Attar 'Newton dari Gaza' Ciptakan Listrik di Pengungsian Rafah dengan Kipas Tua

Bocah Gaza Palestina, Hussam al Attar dijuluki Newton dari Gaza
Sumber :
  • Al Quds Press

Rafah – Remaja Palestina, Hussam Al-Attar, 15, dijuluki sebagai 'Newton dari Gaza' setelah berhasil menghasilkan listrik dari angin, dengan menggunakan peralatan paling sederhana.

Ada Pemadaman Lampu 60 Menit di Jakarta Malam Ini, Simak Daftar Lokasinya

Dengan alat sederhana berupa turbin angin tua, Hussam mampu menghasilkan listrik dan berhasil menerangi pengungsian di Rafah, Jalur Gaza selatan yang diblokade Israel.

Hussam merupakan siswa Sekolah Jabel Mukaber di Gaza utara sebelum Israel melancarkan perang dahsyat di wilayah yang terkepung pada tanggal 7 Oktober. Ia mendapati dirinya dan keluarganya kehilangan tempat tinggal setelah harus meninggalkan rumah mereka di daerah Beit Lahia ke Al-Nasr. 

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Hussam bersama keluarga mengungsi ke Khan Yunis dengan berjalan kaki, hingga tiba di Rafah dekat perbatasan dengan Mesir yang dijadilan tempat pengungsian.

"Saya melihat keponakan kembar saya dan hanya melihat ketakutan di mata mereka. Mereka merasa kesepian dalam kegelapan di dalam tenda. Jadi saya pikir… Bawalah kegembiraan bagi mereka, dan terangi tempat ini," kata Hussam kepada Quds Press dilansir Middleeastmonitor, Sabtu, 17 Februari 2024

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Energi Listrik dari Alat Sederhana

Remaja Gaza Palestina, Hussam al Attar dijuluki Newton dari Gaza

Photo :
  • The Star

Ia berada 20 hari di kamp pengungsi Rafah dan listrik diputus. Dari situ terpikir ide oleh Hussam bagaimana menghasilkan energi listrik untuk menerangi tenda-tenda pengungsi warga Gaza di Rafah. 

"Ide memanfaatkan cuaca dingin dan angin yang meresap ke dalam tubuh anak-anak, melelahkan mereka karena kelelahan dan penyakit, telah menginspirasi saya untuk mengubahnya menjadi sumber kehangatan dan panas," kata remaja yang “mampu, meskipun kemampuannya terbatas, untuk menciptakan kipas angin yang menghasilkan listrik, meskipun hanya sedikit, melalui pembangkit listrik.

Hussam memulai eksperimennya dengan  membuat kipas angin tua yang dia bawa untuk dapat menghilangkan kegelapan di kamp. Ia merakit kipas tua tersebut dan merakitnya untuk diubah menjadi energi kinetik dari tenaga angin menjadi energi listrik .

Upaya pertamanya gagal dan dibutuhkan tiga kali percobaan dan waktu agar ide tersebut berhasil.

Turbin itu digunakan Hussam untuk menghasilkan listrik dengan dipasang di salah satu tiang besi di dalam kamp.

"Saya berhasil menerangi tempat itu sesekali, karena tempat itu menyala ketika ada angin, dan ketika angin melambat, kegelapan menyelimuti kamp," katanya.

Hussam berharap mendapatkan pasokan untuk mengembangkan proyek tersebut, khususnya baterai, yang memungkinkannya menyimpan energi dan menggunakannya pada saat tidak ada angin.

Dia mengatakan pasar-pasar di Rafah langka baterai untuk proyeknya, tetapi dia bersikeras melanjutkan mengembangkan proyek itu, meski hanya beroperasi dalam jangka waktu terbatas saat angin kencang.

"Saya langsung menyambungkan instalasi listrik hingga perbekalan dan baterai dapat tersedia untuk menyelesaikan proyek dan mampu menyimpan listrik," ujarnya.

Remaja Gaza Palestina, Hussam al Attar dijuluki Newton dari Gaza

Photo :
  • Al Jazeera

Newton dari Gaza

Hussam mencatat bahwa sebelum pecahnya perang, ia mampu membuat lampu bawah air dan ritsleting pengaman untuk penutupan pintu nirkabel, selain kipas angin untuk mendinginkan suasana musim panas.

"Para pengungsi di kamp menjuluki saya 'Newton dari Gaza', sebagai penghargaan atas upaya saya menerangi tempat itu," ungkapnya

Ibunya bangga dengan prestasi anaknya. "Dia berbakat sejak usia muda. Dia suka bermain-main dengan segala sesuatu yang dia bisa dapatkan, dan dia membuat sesuatu yang berguna dari ketiadaan, dan keluarga-keluarga juga meminta bantuannya untuk memperbaiki peralatan listrik mereka," katanya kepada Quds Press. 

Ibu Hussam berharap untuk melihatnya sebagai seorang penemu hebat yang akan memberikan manfaat bagi komunitas dan perjuangannya. "Ini adalah generasi Palestina yang tidak akan terkalahkan. Ini adalah generasi yang mencari kehidupan di tengah kegelapan dan kematian," ujarnya.

"Saya menyukai kehidupan, dan saya menyukai detailnya. Saya ingin menjadi seorang penemu dan penemu, namun Palestina tidak mungkin mati dalam diri saya," kata Hussam 

Rafah merupakan salah satu daerah terpadat di Jalur Gaza, setelah tentara Israel memaksa warga Palestina dari wilayah utara, tengah, dan selatan untuk mengungsi ke sana, tempat sekitar 1,4 juta warga Palestina tinggal, menurut pernyataan sebelumnya dari Wali Kota Rafah Ahmed al-Soufi.

Sejak perang yang menghancurkan melanda Gaza mulai 7 Oktober, lebih dari 26.900 orang dan melukai 65.949 lainnya, dan memaksa lebih dari 85 persen – atau sekitar 1,9 juta – orang di Gaza mengungsi, sejak dimulainya perang yang sedang berlangsung, menurut otoritas Jalur Gaza dan PBB.

Israel telah memutuskan aliran air, listrik dan bahan bakar bagi 2,3 juta warga Palestina yang menderita dalam situasi mengerikan akibat 17 tahun blokade.

Baru setelah adanya tekanan internasional, Israel membolehkan bantuan kemanusiaan yang sangat terbatas untuk masuk ke Gaza, termasuk bahan bakar untuk kebutuhan kemanusiaan, tetapi tidak untuk listrik. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya