Jumlah Dokter Mogok Kerja di Korea Selatan Capai Hampir 9 Ribu

Para dokter muda mogok kerja di Korea Selatan
Sumber :
  • RFI

Korea Selatan – Lebih dari 8.800 dokter junior, yang mana 71 persen dari tenaga kerja peserta pelatihan medis Korea Selatan, kini tengah melakukan mogok kerja, kata Wakil Menteri Kesehatan Kedua Seoul Park Min-soo, sebagai bagian dari protes yang meningkat terhadap rencana pemerintah untuk meningkatkan penerimaan sekolah kedokteran secara masif.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Hal ini tentu sangat menganggu bidang medis di Korea Selatan, termasuk operasi caesar pada wanita hamil yang harus dibatalkan dan pengobatan kanker juga harus ditunda karena jumlah dokter peserta pelatihan medis di Korea Selatan yang mengundurkan diri semakin besar.

Penyelenggara protes, Asosiasi Medis Korea dan Asosiasi Magang dan Penduduk Korea, telah mendesak anggotanya untuk berhenti bekerja sepenuhnya pada awal pekan ini, melansir laporan BBC, Kamis, 22 Februari 2024.

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Para dokter muda mogok kerja di Korea Selatan

Photo :
  • BBC.co.uk

Pemerintah telah memerintahkan para dokter untuk kembali bekerja bersama Presiden

Ini Alasan Nathan Tjoe-A-On tak Ambil Penalti saat Timnas Indonesia Tekuk Korea Selatan

Hal ini dimulai saat para dokter junior memprotes rencana pemerintah untuk memasukkan lebih banyak dokter terlatih ke dalam sistem tersebut.

Korea Selatan merupakan salah satu negara dengan rasio dokter-pasien terendah di antara negara-negara besar, sehingga pemerintah ingin menambah lebih banyak penempatan sekolah kedokteran.

Namun para dokter itu menentang prospek persaingan yang lebih besar, kata para pengamat.

Korea Selatan memiliki sistem layanan kesehatan yang sangat terprivatisasi di mana sebagian besar prosedurnya terikat pada pembayaran asuransi, dan lebih dari 90% rumah sakit adalah rumah sakit swasta.

Dokter-dokter di negara ini merupakan dokter dengan bayaran tertinggi di dunia, dengan data tahun 2022 dari Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) yang menunjukkan bahwa rata-rata dokter spesialis di rumah sakit umum menerima hampir $200,000 (£159,000) per tahun; gaji yang jauh melebihi gaji rata-rata nasional.

Namun saat ini hanya terdapat 2,5 dokter per 1.000 orang, angka terendah kedua di kelompok negara OECD setelah Meksiko.

“Lebih banyak dokter berarti lebih banyak persaingan dan berkurangnya pendapatan bagi mereka... itulah sebabnya mereka menentang usulan untuk meningkatkan pasokan dokter,” kata Prof Kwon Soon-man, pakar kesehatan masyarakat di Universitas Nasional Seoul.

Para dokter muda mogok kerja di Korea Selatan

Photo :
  • RFI

Negara ini sangat kekurangan dokter di daerah terpencil, dan di bidang spesialis seperti dokter anak dan kebidanan, yang dipandang sebagai bidang yang kurang menguntungkan dibandingkan dengan praktik seperti dermatologi dan bedah plastik.

Pemerintah telah memerintahkan para dokter untuk kembali bekerja. Presiden Yoon Suk-yeol mengutuk kampanye yang katanya "menyandera nyawa dan kesehatan masyarakat".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya