31.000 Tentara Ukraina Tewas Sejak Dimulainya Invasi Rusia, Kata Volodymyr Zelensky

VIVA Militer: Proses evakuasi jenazah tentara Ukraina
Sumber :
  • telegraph.co.uk

VIVA Dunia – Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan pada hari Minggu, bahwa 31.000 tentara Ukraina telah terbunuh sejak invasi besar-besaran Rusia dua tahun lalu, yang merupakan angka resmi pertama dalam lebih dari setahun.

Kakek 73 Tahun di Garut Ditemukan Tewas Mengenaskan, Kepala Hancur dan Usus Terurai

Dalam sebuah konferensi di Kyiv, Minggu, 25 Februari 2024 kemarin, Zelensky menambahkan bahwa ada sekitar puluhan ribu warga sipil Ukraina telah tewas akibat perang melawan Rusia, dan beberapa wilayah Ukraina kini diduduki oleh pasukan Rusia.

Lebih lanjut, dia tidak dapat mengungkapkan jumlah korban luka karena akan membantu perencanaan militer Rusia.

Rusia Masukkan Nama Presiden Zelesnkyy ke dalam Daftar Buronan

"31.000 tentara Ukraina tewas dalam perang ini. Bukan 300.000, bukan 150.000... (Presiden Rusia Vladimir) Putin terbaring di sana... Namun demikian, ini adalah kerugian besar bagi kami," terangnya dikutip VIVA.co.id dari laman Hindustantimes.

Kombes Gidion: Penganiayaan Senior kepada Junior Taruna STIP Dianggap Tradisi

Ukraina belum menyebutkan jumlah korban militernya sejak akhir tahun 2022, ketika ajudan presiden Mykhailo Podolyak mengatakan 13.000 tentara Ukraina telah tewas sejak invasi pada 24 Februari.

Korban di medan perang adalah topik yang sangat sensitif di negara yang mencoba mereformasi cara memobilisasi warga sipil menjadi tentara untuk meregenerasi pasukannya setelah serangan balasan tahun lalu terbukti tidak mampu menembus garis pertahanan Rusia.

Sebuah laporan New York Times pada bulan Agustus mengutip para pejabat AS yang menyebutkan jumlah korban tewas di Ukraina hampir mencapai 70.000 orang. Laporan yang sama menyebutkan sebanyak 120.000 tentara Rusia tewas selama perang.

VIVA Militer; Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Photo :
  • sputniknews.com

Zelensky mengatakan kepada wartawan bahwa 180.000 warga Rusia tewas dalam pertempuran tersebut. Rusia tidak mengungkapkan kerugian militer, yang dianggap rahasia. Kedua belah pihak sering menggambarkan kerugian militer pihak lain sebagai kerugian besar.

Pemimpin Ukraina juga mengatakan bahwa puluhan ribu warga sipil telah terbunuh di wilayah pendudukan negara tersebut selama perang. Kyiv mengatakan pihaknya tidak dapat menilai secara akurat skala kerugian tersebut karena tidak memiliki akses.

Di Amerika Serikat, rancangan undang-undang bantuan luar negeri untuk Ukraina sendiri pun telah terhenti di Dewan Perwakilan Rakyat AS yang diisolasi oleh Partai Republik.  Mereka menolak rancangan yang diajukan Presiden AS Joe Biden.

Oleh karena itu, Zelensky mengatakan saat ini negaranya mengandalkan Kongres AS untuk dapat memberi bantuan sesegera mungkin. 

"Mereka tahu bahwa kami sangat membutuhkan bantuan mereka," ujar Zelensky yang mantan seorang pelawak.

Zelensky juga mengungkapkan kemungkinan untuk menghadiri pertemuan puncak perdamaian di Swiss pada musim semi tahun ini. Namun kata dia, Rusia mungkin tidak akan menghadiri pertemuan. Zelensky mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin "tidak ingin mengakhiri perang."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya