Sosok Muslimah UEA Pertama yang Jadi Astronaut, Kenakan Hijab Khusus saat di Luar Angkasa

Nora Al Matrooshi, Wanita UEA Pertama yang Jadi Astronot (Doc: The Sundaily)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Houston Astronaut Uni Emirat Arab, Nora Al Matrooshi, menghabiskan sebagian besar hidupnya menatap bintang-bintang dan bermimpi terbang ke Bulan. Minggu ini, dia menjadi wanita Arab pertama yang lulus dari program pelatihan NASA dan siap terbang ke luar angkasa.

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis

Al Matrooshi, mengenang pelajaran sekolah dasar tentang luar angkasa di mana gurunya menyimulasikan perjalanan ke permukaan bulan, lengkap dengan pakaian antariksa seni dan kerajinan serta tenda untuk kapal roket saat itu.

“Kami keluar dari tenda, dan kami melihat dia mematikan lampu di kelas kami. Semuanya ditutupi kain abu-abu, dan dia memberi tahu kita bahwa kita berada di permukaan Bulan,” kata Al Matrooshi, dikutip dari The Sundaily, Jumat, 8 Maret 2024.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Ilustrasi iSpace Lander di Bulan.

Photo :
  • Space.com

“Hari itu selaras dengan saya, dan melekat pada saya. Dan saya ingat berpikir, ini luar biasa. Saya benar-benar ingin melakukan ini, saya ingin benar-benar pergi ke permukaan Bulan. Saat itulah semuanya dimulai,” kenangnya, mengenakan setelan penerbangan biru yang disulam dengan namanya dan bendera UEA.

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

Al Matrooshi, seorang insinyur mesin dengan pelatihan yang telah bekerja di industri minyak, adalah salah satu dari dua kandidat astronaut yang dipilih oleh Badan Antariksa Uni Emirat Arab (UAESA) pada tahun 2021, untuk mendaftar dalam program pelatihan dengan badan antariksa AS, NASA.

Kini, setelah dua tahun kerja keras, termasuk latihan berjalan di luar angkasa, Al Matrooshi, rekannya Mohammad AlMulla, dan 10 orang lainnya di kelas pelatihan mereka telah menjadi astronaut yang memenuhi syarat.

Kelompok tersebut, yang dikenal sebagai “The Flies,” kini memenuhi syarat untuk misi NASA ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), peluncuran Artemis ke Bulan dan, jika semuanya berjalan lancar, bahkan terbang ke Mars.

Selain itu, UAESA juga mengumumkan awal tahun ini rencana untuk membangun airlock, sebuah pintu khusus untuk Gateway stasiun ruang angkasa, yang sedang dikembangkan untuk suatu hari nanti mengorbit Bulan.

"Saya ingin mendorong umat manusia lebih jauh dari sebelumnya. Saya ingin umat manusia kembali ke Bulan, dan saya ingin umat manusia melampaui Bulan,” ucap Al Matrooshi.

“Dan saya ingin menjadi bagian dari perjalanan itu.”

Meskipun Al Matrooshi adalah orang pertama yang lulus dari NASA, perempuan Arab lainnya telah berpartisipasi dalam misi luar angkasa swasta, termasuk misi biomedis Saudi.

Peneliti Rayyanah Barnawi, yang terbang dengan Axiom Space ke ISS tahun lalu, dan insinyur Mesir-Lebanon Sara Sabry, salah satu kru dalam penerbangan suborbital Blue Origin 2022.

Al Matrooshi, yang mengenakan jilbab sebagai bagian dari keyakinan Muslimnya, menjelaskan bahwa NASA mengembangkan strategi yang memungkinkannya menutupi rambutnya saat mengenakan pakaian luar angkasa dan helm berwarna putih yang ikonik, yang secara resmi dikenal sebagai Unit Mobilitas Ekstravehicular, atau EMU.

“Setelah Anda masuk ke EMU, anda mengenakan topi (komunikasi dilengkapi dengan mikrofon dan speaker), yang menutupi rambut anda,” ujarnya.

Sebelumnya, tantangannya muncul setelah Al Matrooshi melepas jilbabnya, sebelum ia mengenakan topi komunikasi. Yang lebih rumit lagi, hanya bahan yang diizinkan secara khusus yang boleh dikenakan di dalam EMU.

“Para insinyur akhirnya menjahitkan hijab darurat untuk saya, sehingga saya bisa mengenakannya, mengenakan setelan tersebut, lalu mengenakan topi komunikasi, lalu melepasnya dan rambut saya akan ditutupi. Jadi saya sangat menghargai mereka melakukan hal itu untuk saya,” kata Al Matrooshi.

Dengan pakaian khusus miliknya, Al Matrooshi akan siap melangkah ke luar angkasa bersama rekan-rekan astronotnya.

Astronaut Bruce McCandless II

Photo :
  • NASA

NASA juga berencana mengembalikan manusia ke permukaan Bulan pada tahun 2026 untuk misi Artemis 3.

“Saya pikir menjadi astronot itu sulit, apa pun agama atau latar belakang anda,” tuturnya.

"Saya tidak berpikir menjadi seorang Muslim membuat segalanya menjadi lebih sulit. Namun, menjadi seorang Muslim membuat saya sadar akan kontribusi nenek moyang saya, para cendekiawan Muslim dan ilmuwan sebelum saya yang mempelajari bintang-bintang."

“Saya menjadi astronot hanya membangun warisan dari apa yang mereka mulai ribuan tahun yang lalu,” pungkas Al Matrooshi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya