Dipecat Jadi Panglima Militer Ukraina, Ini Sosok Jenderal Valerii Zaluzhnyi

Volodymyr Zelensky dan Valerii Zaluzhnyi
Sumber :
  • Ukrainian Presidential Press Office via AP, File

Jakarta - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky memecat panglima miliernya yaitu Jenderal Valerii Zaluzhnyi kini ia ditugaskan menjadi duta besar Ukraina di Inggris.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Dilansir dari Al Jazeera, Jumat 8 Maret 2024. Kementerian Luar Negeri Ukraina mengirim permintaan ke pihak Inggris untuk mencapai kesepakatan mengenai penunjukan Jenderal Valerii Zaluzhnyi sebagai duta besar.

VIVA Militer: Jenderal Valerii Zaluzhnyi dan Presiden Volodymyr Zelensky

Photo :
  • kyivpost.com
Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Sebelum Jenderal Valerii Zaluzhnyi ditujuk sebagai duta besar Inggris. Posisi tersebut diisi oleh Vadym Prastaikon namun ia dipecat oleh Volodymyr Zelensky setelah melakukan kritik kontroversial.

Valerii Zaluzhnyi yang dijuliki oleh media Ukraina sebagai 'Jenderal Besi'. Ia mampu memimpin pasukan militer untuk melakukan perlawan terhadap tentara Rusia yang membuat nama dirinya terkenal. Berikut Profil Jenderal Valerii Zaluzhnyi:

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Profil Jenderal Valerii Zaluzhnyi

VIVA Militer: Jenderal Valerii Zaluzhnyi

Photo :
  • sky.com

Jenderal Valerii Zaluzhnyi memiliki nama lengkap Valerii Fedorovych Zaluzhnyi merupakan seorang panglima militer bintang 4  dan sempat menjabat Panglima Militer Angkatan Bersenjata Ukraina sejak 27 Juli 2021.

Jenderal Valerii Zaluzhnyi lahir pada 8 Juli 1973. Sebelum diangkat menjadi Panglima Militer Ukraina, ia merupakan Panglima Komando Operasional Utara sejak 2019 hingga 2021.

Selain itu juga, Jenderal Valerii Zaluzhnyi dinobatkan oleh majalah Time masuk dalam 100 orang yang paling berpengaruh di dunia pada tahun 2022. Kini ia akan mendapatkan tugas baru sebagai duta besar Ukraina di Inggris.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya