Singapura Hingga Thailand Mulai Puasa Ramadan Selasa Esok

Ilustrasi Bulan Ramadan (Getty Images/iStockphoto/Choreograph)
Sumber :
  • vstory

Singapura – Umat Islam di Singapura, Indonesia, dan Thailand akan mulai berpuasa pada Selasa, 12 Maret 2024.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Mufti Singapura, Dr Nazirudin Mohd Nasir, dalam klip video yang diunggah ke laman media Dewan Agama Islam Singapura (MUIS) hari ini, mengatakan bahwa Ramadan tahun ini jatuh pada hari Senin.

"Menurut perhitungan, bulan sabit Ramadan tidak dapat terlihat di cakrawala Singapura saat matahari terbenam malam ini, karena terlalu kecil dan tidak memenuhi kriteria imkanur rukyah yang telah disepakati oleh negara-negara anggota MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura)," ujarnya, dikutip dari The Sundaily.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Maka dari itu, ia menyebut hari Senin, 11 Maret ini masih tanggal 30 Sya’ban. "Artinya, besok adalah tanggal 30 bulan Syaban. Oleh karena itu, dengan senang hati saya nyatakan, bahwa awal Ramadhan jatuh pada lusa, Selasa, tanggal 12 Maret,” ujarnya.

Menyambut bulan Ramadan, ia mengajak seluruh umat Islam untuk menunaikan kewajiban berpuasa dan beribadah dengan penuh penghayatan dan kebaikan.

30 Killed Over Heatstroke Hit Thailand

Sementara Menteri Agama RI, Yagut Cholil Qoumas usai Rapat Isbat (penentuan tanggal Ramadan) yang melibatkan Departemen Rukyah dan Akuntansi Kementerian Agama, serta dihadiri beberapa duta besar dan ormas Islam setempat, mengumumkan hal yang sama bahwa hari pertama Ramadan jatuh pada 12 Maret 2024.

Pertemuan tersebut juga melibatkan Badan Riset dan Inovasi Nasional serta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Ilustrasi Bulan Ramadan.

Photo :
  • vstory

Di Bangkok, Ketua Sheikhul Islam Arun Boonchom mengatakan umat Islam di Thailand akan mulai berpuasa pada 12 Maret, setelah tidak ada bulan yang terlihat selama pengamatan di beberapa lokasi provinsi selatan, setelah matahari terbenam hari ini.

"Oleh karena itu, tanggal dimulainya puasa akan dimulai pada Selasa, 12 Maret, katanya.

Pengumuman tersebut juga disampaikan di stasiun televisi dan radio.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya