Presiden AS Joe Biden kirim surat ke Prabowo, Ucapkan Selamat atas Hasil Pemilu

President Joe Biden (Instagram/Potus)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya

Jakarta - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, turut memantau jalannya perhitungan suara Pemilu 2024 di Indonesia. Mengetahui saat ini perolehan suara calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto unggul, Joe Biden kemudian mengirimkan ucapan selamatnya kepada Prabowo.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Ucapan itu disampaikan Biden melalui surat dengan kop resmi Gedung Putih, Washington, tertanggal 12 Maret 2024. Surat itu diantar langsung kepada Prabowo oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk ASEAN Yohannes Abraham, Kamis, 14 Maret 2024.

“Saya ingin menyampaikan ucapan selamat kepada masyarakat Indonesia atas keberhasilan pemilu – sebuah bukti komitmen kita bersama terhadap demokrasi – dan kepada Anda atas keunggulan Anda dalam penghitungan suara pemilihan presiden. Saya menantikan pengumuman hasil resminya,” kata Biden dalam surat itu.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Prabowo bersama Duta Besar Amerika Serikat untuk ASEAN Yohannes Abraham

Photo :
  • Dok. Istimewa

Biden melanjutkan bahwa selama 75 tahun, Indonesia dan AS semakin terikat oleh nilai-nilai bersama serta visi demokrasi dan pluralistik bagi dunia.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

“Bersama-sama, kita juga telah menjaga stabilitas internasional, termasuk mewujudkan masa depan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, sejahtera, dan aman,” ujar Biden.

Biden salam surat itu juga menyorot peran Prabowo sebagai Menteri Pertahanan RI saat ini yang menurutnya sangat penting bagi upaya ini.

“Kemitraan dengan Anda sebagai Menteri Pertahanan Indonesia sangatlah penting dalam upaya ini. Saya berharap dapat memperkuat hubungan negara kita lebih jauh lagi seiring kita terus menerapkan Comprehensive Strategic Partnership [Kemitraan Strategis Komprehensif] dan menjajaki bidang kerja sama baru,” sambungnya.

VIVA Militer: Presiden Amerika Serikat, Joe Biden

Photo :
  • independent.co.uk

Adapun Biden menyampaikan doanya untuk Prabowo. Ia juga menyebut ketika Indonesia dan AS bersatu, kedua negara akan menjadi lebih kuat dan dunia menjadi lebih aman.

“Mohon terimalah doa terbaik saya, dan semoga tahun-tahun mendatang senantiasa diwarnai dengan perdamaian, kemakmuran, dan kemajuan bagi masyarakat kedua negara kita,” kata Biden.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya