Menang Pilpres, Ucapan Selamat untuk Prabowo Mengalir dari Pejabat Tinggi AS

Anthony Blinken
Sumber :
  • CNBC

Jakarta – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Anthony Blinken, mengucapkan selamat atas terpilihnya Prabowo Subianto sebagai Presiden RI 2024, yang akan menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Dalam keterangan tertulisnya, Blinken menyampaikan salam hangat dan memuji rakyat Indonesia, yang telah berpartisipasi dalam demokrasi dan aturan hukum.

"Kami menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto atas kemenangannya dan sekali lagi memuji masyarakat Indonesia atas partisipasi dan komitmennya terhadap demokrasi dan aturan hukum," kata Blinken, dikutip dari situs Kedutaan Besar AS di Jakarta, pada Kamis, 21 Maret 2024.

Mahfud MD Bicara Pentingnya Jaga Demokrasi agar Terhindar dari Kediktatoran

Prabowo Dapat Ucapan Selamat sebagai Presiden Terpilih dari Menlu AS Blinken

Photo :
  • Istimewa

Selanjutnya, Blinken menegaskan bahwa pemerintah Amerika siap melanjutkan kerja sama dengan pemerintahan Prabowo, yang akan resmi menjabat pada Oktober mendatang.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

"Amerika Serikat dan Indonesia merayakan 75 tahun hubungan diplomatik yang dilandaskan pada demokrasi dan pluralisme," ucap Blinken.

"Sebagai mitra dan kawan dekat dalam Kemitraan Strategis Komprehensif, kita bekerja sama untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi warga negara kita. Kami menantikan untuk bermitra erat dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan pemerintahannya saat dimulainya masa jabatan pada bulan Oktober."

Joe Biden Janji Tidak Deportasi Warga Palestina dari Amerika Serikat

Photo :
  • New York Post

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, juga telah mengirimkan ucapan selamatnya kepada Prabowo. Ucapan itu disampaikan Biden melalui surat dengan kop resmi Gedung Putih, Washington, tertanggal 12 Maret 2024. Surat itu diantar langsung kepada Prabowo oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk ASEAN Yohannes Abraham, Kamis, 14 Maret 2024.

“Saya ingin menyampaikan ucapan selamat kepada masyarakat Indonesia atas keberhasilan pemilu – sebuah bukti komitmen kita bersama terhadap demokrasi – dan kepada Anda atas keunggulan Anda dalam penghitungan suara pemilihan presiden. Saya menantikan pengumuman hasil resminya,” kata Biden dalam surat itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya