5 Negara yang Memiliki Jet Tempur F-16 Terbanyak, Israel Kalah dari Turkiye

VIVA Militer: Jet tempur General Dynamics F-16 Fighting Falcon
Sumber :
  • fightersweep.com

VIVA – Jet tempur F-16, yang juga dikenal sebagai Fighting Falcon, telah menjadi salah satu pesawat tempur terkemuka di dunia sejak diperkenalkan pada tahun 1970-an. Dikembangkan oleh perusahaan Lockheed Martin, F-16 telah menjadi tulang punggung banyak angkatan udara di seluruh dunia. Dikutip dari Insider Monkey, berikut adalah beberapa negara yang memiliki jumlah jet tempur F-16 terbanyak:

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

5. Korea Selatan - Jet Tempur F-16: 167

VIVA Militer: Jet tempur Tentara Rakyat Korea Utara (KPA)

Photo :
  • nknews.org
Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Korea Selatan memiliki jumlah armada 167 jet tempur F-16, terutama milik varian C dan D. Menurut FlightGlobal, 118 di antaranya dalam pelayanan aktif Angkatan Udara Korea Selatan, sedangkan sisanya digunakan sebagai pesawat latih. Bulan lalu, Korea Selatan menandatangani kesepakatan senilai $355 juta dengan Pratt & Whitney, anak perusahaan RTX Corporation, untuk meningkatkan armada F-15 dan F-16.

4. Mesir - Jet Tempur F-16: 218

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Selanjutnya adalah Mesir, yang merupakan militer paling kuat di Afrika, dengan kemampuan udara Kairo menjadi kerugian utama kekuatan militernya. Fighting Falcon adalah pesawat tempur garis depan utama negara itu, di mana 168 F-16 A/C digunakan secara aktif oleh Angkatan Udara Mesir, sementara 50 digunakan sebagai pesawat latih.

3. Israel - Jet Tempur F-16: 224

Israel memiliki armada jet tempur F-16 terbesar ketiga dengan 224 pesawat dari varian C/D/I. Ini adalah jet tempur utama yang digunakan oleh Angkatan Udara Israel. Menurut analis pertahanan, F-16 yang dioperasikan oleh Israel jauh lebih unggul daripada yang diterbangkan oleh negara lain karena peningkatan dan modifikasi ekstensif yang dibuat oleh Tel Aviv selama bertahun-tahun, dengan teknologi yang menonjol menjadi rangkaian avionik canggih. Meskipun demikian, negara ini berada di lintasan untuk menjauh dari F-16 karena mengalihkan fokus pada F-35. Menurut FlightGlobal, Israel memiliki armada 39 F-35 aktif, dengan 36 lainnya dipesan.

2. Turkiye - Jet Tempur F-16: 243

VIVA Militer: Jet tempur F-16 Angkatan Bersenjata Turki (TSK)

Photo :
  • thedrive.com

Dengan 243 F-16, Turkiye memiliki armada terbesar kedua dari jet tempur generasi keempat, dengan varian pesawat tempur yang lebih maju yang akan bergabung dengan armada setelah Amerika Serikat pada bulan Januari menyetujui penjualan 40 Block-70 dan peningkatan 79 jet F-16-nya. Kesepakatan itu bernilai $23 miliar. Kesepakatan itu dicapai setelah lebih dari dua tahun menunggu karena hubungan yang tegang antara kedua negara. Washington melanjutkan penjualan hanya setelah Ankara baru-baru ini meratifikasi tawaran keanggotaan NATO Swedia.

1. Amerika Serikat - Jet Tempur F-16: 897

Amerika Serikat menduduki puncak tangga lagu untuk negara-negara yang memiliki jet tempur F-16 terbanyak, dengan ukuran armada 897 pesawat. Dari jumlah tersebut, 738 digunakan secara aktif oleh Angkatan Udara AS sebagai jet tempur. F-16 adalah salah satu jet tempur paling serbaguna dalam inventaris angkatan udara, dan telah menjadi andalan armada tempur militer negara itu selama beberapa dekade. F-16 telah digunakan untuk melakukan beberapa operasi udara kritis untuk militer AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya