Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI Jadi Korban Penembakan di Gedung Konser Moskow

Korban serangan teroris di Gedung Teater Moskow, Rusia
Sumber :
  • Associated Press

Moskow – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, melalui Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia, mengkonfirmasi bahwa sejauh ini tidak ada korban WNI, yang terdampak serangan di sebuah gedung konser di Moskow, Rusia.

Dua WNI Batal Terbang ke Paris Akibat Boarding Pass dan Visa Tertukar, Kinerja Kedutaan Disorot

Judha Nugraha membeberkan bahwa sekelompok orang yang tidak dikenal dan bersenjata otomatis telah melakukan penyerangan dan penembakan di sebuah gedung konser Crocus City Hall, Moscow region, sekitar 25 km arah barat laut pusat dari Moskow, pada 22 Maret 2024. 

Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

Photo :
  • Sergei Vedyashkin - Associated Press
Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Menurut saksi mata, sekelompok pelaku tersebut melepaskan tembakan secara acak ke massa sebelum dimulainya konser. Diberitakan juga telah terjadi ledakan dan kebakaran yang menimpa sepertiga gedung.

"Aparat keamanan yakni pasukan gerak cepat Rosgvardia (SOBR), polisi anti huru hara (OMON), serta pemadam kebakaran dan tim paramedis dengan 50 ambulans dikerahkan untuk mengevakuasi dan mengamankan," kata Judha dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu, 23 Maret 2024.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Hingga saat ini, untuk sementara data yang diperoleh dari otoritas Rusia, bahwa korban meninggal mencapai 60 orang dan lebih dari 100 orang mengalami luka-luka.

"KBRI Moskow segera berkoordinasi dg otoritas setempat dan menjalin komunikasi dengan masyarakat Indonesia di Rusia. Hingga saat ini belum ada indikasi adanya WNI yg menjadi korban," ucap Judha.

Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

Photo :
  • Vitaly Smolnikov - Associated Press

Sejauh ini aparat keamanan Rusia telah dan akan terus melakukan inspeksi penjagaan keamanan yang ketat setelah kejadian tersebut. 

"KBRI Moskow juga telah menyampaikan imbauan kepada masyarakat Indonesia agar meningkatkan kewaspadaan dan segera menghubungi hotline KBRI Moskow jika mengalami situasi kedaruratan."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya