Penampakan Lautan Massa Sambut Jenazah Presiden Iran di Teheran, Diiringi Tangis Pelayat

Teheran Berduka Atas Kematian Presiden Raisi (Doc: Arab News)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Teheran – Puluhan ribu warga Iran berkumpul di jalan-jalan Teheran, pada hari Rabu, 22 Mei 2024, untuk mengikuti prosesi pemakaman Presiden Ebrahim Raisi dan rombongan, yang meninggal dalam kecelakaan helikopter, pada Minggu, 19 Mei 2024.

Menperin Buka Suara atas Kecelakaan Kerja di PT ITSS Morowali

Di pusat kota, orang-orang yang memegang foto Raisi berkumpul di dalam dan sekitar Universitas Teheran, tempat Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei dijadwalkan memimpin doa untuk Raisi dan rekan-rekannya, termasuk Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian.

Helikopter Raisi diketahui jatuh pada hari Minggu di lereng gunung, yang diselimuti kabut, di Iran utara dalam perjalanan ke kota Tabriz setelah kelompok tersebut menghadiri peresmian proyek bendungan di perbatasan dengan Azerbaijan.

Ngeri! Viral Lagi Video Bocah Terlindas Bus saat Berburu Klakson Telolet

Warga Iran mengawal prosesi pemakaman Presiden Iran Ebrahim Raisi di Teheran

Photo :
  • AP Photo/Vahid Salemi

Operasi pencarian dan penyelamatan besar-besaran diluncurkan, yang melibatkan bantuan dari Turki, Rusia dan Uni Eropa. Namun, televisi pemerintah mengumumkan kematian Raisi pada Senin pagi, 20 Mei 2024.

Wanita Muda Terkapar Penuh Luka Usai Tabrak Pagar Ruko di Tangerang

Di ibu kota, spanduk-spanduk besar berkibar memuji mendiang presiden sebagai “martir pelayanan,” sementara spanduk-spanduk lain mengucapkan “selamat tinggal kepada pelayan masyarakat yang kurang beruntung.”

Prosesi tersebut, yang akan dihadiri oleh pejabat asing, direncanakan berangkat dari universitas dan menuju ke Lapangan Enghelab yang luas di pusat kota, menurut media pemerintah.

Melansir dari Arab News, upacara pemakaman mendiang presiden dan rombongan dimulai pada hari Selasa, 21 Mei 2024, dengan puluhan ribu pelayat berpakaian hitam hadir di kota Tabriz dan pusat ulama Syiah di Qom.

Dari Teheran, jenazah akan dipindahkan ke provinsi Khorasan Selatan sebelum dipindahkan ke kota asal Raisi, Mashhad di timur laut, di mana ia akan dimakamkan pada Kamis malam setelah upacara pemakaman di Masjid Imam Reza.

Militer membawa peti jenazah Presiden Iran Ebrahim Raisi yang tewas kecelakaan

Photo :
  • Iranian Presidency Office via AP

Khamenei, yang memegang kekuasaan tertinggi di Iran, telah menyatakan lima hari berkabung nasional dan menunjuk Wakil Presiden Mohammad Mokhber, sebagai presiden sementara hingga pemilihan pengganti Raisi pada 28 Juni.

Perundingan nuklir utama Iran Ali Bagheri, yang merupakan wakil Amir-Abdollahian, ditunjuk sebagai penjabat menteri luar negeri.

Kepala staf angkatan bersenjata Mohammad Bagheri telah memerintahkan penyelidikan atas penyebab jatuhnya helikopter tersebut.

Raisi terpilih sebagai presiden pada tahun 2021, dan menggantikan Hassan Rouhani yang moderat pada saat perekonomian terpukul oleh sanksi AS yang dikenakan atas aktivitas nuklir Iran.

Masa jabatan kelompok ultra-konservatif ini diwarnai dengan protes massal, krisis ekonomi yang semakin parah, dan baku tembak yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan musuh bebuyutan Israel.

Setelah kematiannya, sekutu global Rusia dan Tiongkok serta kekuatan regional menyampaikan belasungkawa mereka, begitu pula NATO, sementara Dewan Keamanan PBB mengheningkan cipta selama satu menit.

Pesan belasungkawa juga membanjiri sekutu Iran di kawasan, termasuk Suriah, kelompok militan Palestina Hamas, dan kelompok militan Lebanon Hizbullah, yang keduanya didukung oleh Teheran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya