ASEAN Saling Bantu Selamatkan Warga di Mesir

Aksi demonstrasi di Mesir
Sumber :
  • AP Photo/Ben Curtis

VIVAnews - Asosiasi negara-negara di Asia Tenggara, ASEAN, prihatin atas perkembangan pergolakan yang terjadi di Mesir. Negara-negara ASEAN juga akan saling membantu dalam menyelamatkan warganya yang terjebak dalam krisis ini.

"Negara-negara Anggota ASEAN mengikuti dengan seksama dan dengan keprihatinan atas perkembangan yang terjadi di Republik Arab Mesir," ujar pernyataan yang dikeluarkan oleh Sekretariat ASEAN Jakarta, Jumat 4 Februari 2011.

Demonstrasi di Mesir berakhir bentrok dalam beberapa hari terakhir. Dilaporkan delapan orang tewas dan ratusan lainnya terluka. Massa anti pemerintahan Mubarak hari ini menggelar demonstrasi besar terakhir yang mereka katakan akan dapat menggulingkan Mubarak dari tampuk kekuasaan.

Mubarak menyatakan tidak akan mundur sampai pemilihan umum pada September nanti.

Pada pernyataannya, negara-negara Anggota ASEAN menyampaikan harapannya agar Mesir mampu mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi melalui cara damai dan demokratis.

"Sebagai sahabat rakyat Mesir, Negara-negara Anggota ASEAN mengimbau seluruh pihak agar dapat menahan diri secara maksimal guna menghindari kerusuhan berdarah terus berlanjut," ujar pernyataan tersebut.

Melalui pernyataan tersebut, ASEAN juga bertekad untuk saling membantu dalam melindungi semua warga negara-negara anggota ASEAN. Terutama bagi proses evakuasi maupun membantu mereka yang terjebak di Kairo.

"Pemberian bantuan tersebut, sejalan dengan Pernyataan para Menteri Luar Negeri Anggota ASEAN mengenai Bantuan oleh Perwakilan-perwakilan Negara ASEAN di Negara Ketiga kepada para Warga Negara dari Negara ASEAN dalam Situasi Krisis di Kuala Lumpur, 25 Juli 2006," tambah pernyataan itu. (sj)

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Barus Kasus Korupsi Timah
VIVA Otomotif: Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Berita yang membahas mengenai adu laris Fortuner vs Pajero Sport dan Shin Tae-yong mudah beli Palisade, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024