PBB dan Prancis Serang Rumah Gbagbo

Pasukan penjaga perdamaian PBB berjaga-jaga di Pantai Gading
Sumber :
  • AP Photo/Sunday Alamba

VIVAnews - Pasukan dari Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dan Prancis mengerahkan helikopter untuk menembaki kediaman Presiden Pantai Gading, Laurent Gbagbo, yang menolak mundur setelah kalah pemilu tahun lalu. Menurut PBB, serangan ini sebagai balasan setelah pasukan Gbagbo menyerang kantor PBB dan warga sipil.

Menurut kantor berita Associated Press (AP), serangan atas pasukan Gbagbo ini mendapat restu dari Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon. PBB pun menuding Gbagbo telah menggunakan senjata berat untuk menyerang warga sendiri dan pasukan PBB yang berupaya melindungi mereka.

"Ini adalah balasan atas rangkaian serangan dalam tiga atau empat hari terakhir, tidak saja kepada kami [PBB], namun juga kepada warga sipil, seringkali dengan senjata berat," kata juru bicara kantor PBB di Pantai Gading, Hamadoun Toure, kepada AP.

Sejumlah warga lokal mengaku melihat dua helikopter tempur Mi-24 dari PBB dan sebuah helikopter Prancis melepaskan tembakan ke kompleks kediaman Gbagbo. Dia dikabarkan tertahan di rumahnya dengan bersembunyi di bunker. Para saksi itu menolak identitas mereka diungkap karena takut diserang.

Gbagbo hampir sepekan bertahan di bunker. Berkuasa selama satu dekade, Gbagbo menolak mengakui kekalahan dari pemimpin oposisi Alassane Ouattara pada pemilu November lalu. Padahal, hasil pemilu itu diakui oleh PBB.

Kengototan Gbagbo untuk menolak mundur dan kegigihan Ouattara untuk segera berkuasa menyebabkan perang saudara di Pantai Gading sejak akhir tahun lalu. Pasukan perdamaian PBB dan Prancis, yang dikerahkan untuk menjaga keamanan di Pantai Gading, akhirnya menjadi agresif setelah diserang oleh Gbagbo.

Selain menyerang Ouattara, pasukan Gbagbo pun kembali menyerang markas PBB di Pantai Gading pada Sabtu dan Minggu kemarin. Ban pun mendesak Gbagbo segera mundur dari jabatannya dan mengakui kekalahan kepada Ouattara. (art)

Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Pelanggaran Etik
Ilustrasi memasak.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Tradisi hantaran di Indonesia merupakan kebiasaan bertukar hadiah makanan atau barang lainnya sebagai bentuk ungkapan rasa syukur, kasih sayang, dan penghargaan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024