60 ribu Warga China Mengaku Memberi Suap

Situs ipaidbribe.com India
Sumber :

VIVAnews - Puluhan ribu warga China mengaku pernah memberi suap kepada petugas ataupun aparat di negara tersebut. Pengakuan ini mereka tuangkan dalam sebuah situs internet yang khusus menampung tulisan pengunjung.

Menurut laman Telegraph, Rabu, 15 Juni 2011, situs yang jika diterjemahkan berarti "Saya memberi suap" ini telah mengundang pengakuan dari 60.000 orang. Padahal situs ini baru saja dibuka pada 11 JuniĀ  lalu.

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Pengakuan mulai dari suap berupa rokok dan arak kepada aparat pada tahun baru, suap agar anaknya diterima di sekolah favorit, sampai pemberian mobil BMW dan liburan mewah kepada pejabat demi meluluskan tender.

Salah satu cerita yang mengenaskan mungkin adalah cerita seseorang di sebuah rumah sakit. Dia mengaku wasirnya hanya setengah saja dipotong dalam sebuah operasi lantaran tidak sanggup membayar hadiah yang diminta si ahli bedah.

Pengelola situs mengatakan bahwa mereka terinspirasi oleh situs serupa di India, bernama ipaidbribe.com. Situs ini, ujar mereka, menunjukkan seberapa bencinya rakyat China akan korupsi.

Pemerintah China terkenal akan ketegasannya dalam melawan korupsi. Para pelaku korupsi maupun suap akan dikenakan hukuman berat, bahkan hukuman mati.

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Barus Kasus Korupsi Timah

Kendati demikian, kekuasaan yang luas dari partai tunggal berkuasa memberikan celah bagi para oknum untuk memanfaatkannya. Menurut laporan tahunan Transparency International, China menempati peringkat ke 78 dari 180 negara lainnya dalam tingkat korupsi.

Serial Secret Ingredient

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Sebagai infomasi, Nicholas Saputra berperan sebagai Chef Arif yang berada dalam pusaran konflik antara Ha-Joon (Sang Heon Lee) dan Maya (Julia Barretto).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024