Israel Izinkan Bahan Bangunan Masuk Gaza

Seorang petugas Israel mengangkut bantuan ke Jalur Gaza
Sumber :
  • AP Photo/Anja Niedringhaus

VIVAnews - Pemerintah Israel mengizinkan bantuan bahan bangunan seharga ratusan juta dolar ke wilayah Palestina di Jalur Gaza. Bahan bangunan ini akan digunakan untuk membangun belasan sekolah dan ribuan unit rumah. Banyak bangunan di Gaza hancur akibat serangan pasukan Israel.

Menurut harian Haaretz, 21 Juni 2011, bahan bangunan yang diperbolehkan masuk tersebut adalah sumbangan dari Badan Pemulihan dan Pembangunan PBB (UNRWA). Juru bicara militer Israel, Guy Inbar, mengatakan bahwa UNRWA menyumbangkan bahan bangunan itu untuk membangun 18 sekolah dan 1.200 rumah baru di Gaza.

Inbar mengatakan bahwa bahan bangunan senilai US$100 juta atau sekitar Rp859 miliar akan segera masuk ke Gaza setelah UNRWA siap mengantarkannya. Pihak UNRWA mengatakan sangat gembira dengan izin tersebut.

"Saya menyambut baik langkah yang sangat penting ini dan saya harap kami akan segera bisa masuk secepatnya," ujar Utusan PBB untuk Timur Tengah, Robert Serry.

Wilayah Gaza diblokade oleh Israel sejak tahun 2007. Israel berdalih blokade itu untuk mencegah kiriman senjata ke wilayah kekuasan Hamas di Gaza. Wilayah itu sejak lama menjadi basis perlawanan Hamas atas pendudukan Israel.

Tahun lalu, Israel menyerang kapal Mavi Marmara asal Turki, yang membawa bahan bantuan ke Gaza. Sembilan orang aktivis dari organisasi Gaza Freedom Flotilla tewas.

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Organisasi itu bulan ini akan kembali mengirim kapal untuk mengantarkan bantuan kemanusiaan dan bahan bangunan ke Gaza. (ren)

Serial Secret Ingredient

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Sebagai infomasi, Nicholas Saputra berperan sebagai Chef Arif yang berada dalam pusaran konflik antara Ha-Joon (Sang Heon Lee) dan Maya (Julia Barretto).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024