Topan Irene Mengancam, New York Lumpuh

ancaman Topan Irene membuat warga menimbun stok pangan di New York
Sumber :
  • daily mail

VIVAnews - Ratusan warga New York meninggalkan kediaman mereka, sejak otoritas setempat memerintahkan pengungsian massal untuk mengantisipasi Topan Irene. Otoritas setempat juga mengumumkan penutupan layanan tranporasi seperti kereta bawah tanah dan bus kota mulai Sabtu siang.

"Kami tidak pernah melakukan evakuasi massal seperti ini sebelumnya," kata Walikota New York, Michael Bloomberg, seperti dikutip dari laman Daily Mail. "Ini sangat serius. Anda tidak bisa menunggu sampai angin kencang tiba, ini masalah hidup dan mati." "

Tak hanya transportasi darat, otoritas penerbangan juga telah mengumumkan penutupan lima bandara di New York City untuk mengantisipasi datangnya bencana pada akhir pekan ini. Penutupan yang dilakukan untuk pendaratan pesawat ini dipastikan akan mengganggu ratusan jadwal penerbangan. 

Di beberapa pusat bisnis, warga sibuk menutup jendela dan dinding-dinding kaca dengan tripleks untuk menghadang hantaman topan dengan kekuatan angin yang diperkirakan mencapai 90 mph atau lebih 144 km/jam. "Kawasan kami akan terhantam topan dan dinding air yang sangat berbahaya," kata Bloomberg.

Kepanikan yang meluas sejak Jumat malam membuat warga berupaya menimbun stok bahan makanan dan kebutuhan harian. Warga tampaknya khawatir penutupan akses transportasi akan menghentikan jalur distribusi dan membuat stok pangan langka. Mereka juga khawatir tak ada restoran buka selama status darurat berlaku.

Kekhawatiran tersebut terekam jelas dengan banyaknya warga yang memborong barang-barang kebutuhan pokok di sejumlah supermarket. Aksi mereka menyisakan rak-rak kosong di sejumlah supermarket.

Keresahan kian tak terbendung saat Presiden Amerika Barack Obama menyebut bahwa Amerika Serikat akan mengalami 'topan bersejarah'. Para ahli memprediksi topan tak hanya memicu banjir tapi juga memecah kaca-kaca gedung pencakar langit.

Jutaan warga di pesisir timur Amerika Serikat bersiap menghadapi serangan Topan Irene. Selain New York, negara bagian New Jersey, Delaware, Connecticut, Maryland, Virginia dan North Carolina juga telah menetapkan status darurat. Warga diminta segera menjauh dari jalur amukan angin berkekuatan dahsyat yang telah menewaskan lima orang dan menghancurkan sejumlah bangunan di Bahama. (ren)

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Barus Kasus Korupsi Timah
VIVA Otomotif: Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Berita yang membahas mengenai adu laris Fortuner vs Pajero Sport dan Shin Tae-yong mudah beli Palisade, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024