VIDEO: Protes Pembakaran Al-Quran

Protes pembakaran Quran di Afganistan
Sumber :
  • REUTERS/Mohammad Ismail

VIVAnews - Kerusuhan dan bentrok warga dengan aparat terjadi di Kabul, Ibukota Afghanistan. Peristiwa ini dipicu oleh aksi pembakaran Al-Quran oleh tentara Amerika Serikat di pangkalan udara NATO di Afghanistan.

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Ribuan orang yang marah akibat ulah para tentara AS, merangsek menembus barikade polisi dan menghancurkan kaca-kaca mobil serta melakukan pembakaran fasilitas umum.

Aksi umat muslim yang marah akibat pembakaran tersebut, dibalas tembakan aparat kepolisian. Aksi balasan itu menyebabkan sejumlah orang terluka.

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Namun gelombang protes warga meluas. Beberapa orang dilaporkan tewas. Laman BBC melaporkan satu orang tewas di Ibukota Kabul, 10 lainnya luka-luka. Satu tewas di Jalalabad. Sementara itu, empat lainnya tewas di Provinsi Parwan, utara Kabul.

Tentara NATO membakar Al-Quran ini setelah menyitanya dari tangan kelompok Taliban. Mereka menduga Al-Quran digunakan untuk menyampaikan pesan antar kelompok Taliban.

Indonesia Becomes the World's Most Positive Country

Pejabat Amerika Serikat telah meminta maaf atas insiden pembakaran Al-Quran di kamp tentara yang terletak di Bagram ini.

Menurut komandan pasukan NATO, kitab suci itu tidak sengaja terbuang ke tempat sampah bersama barang-barang lain yang akan dimusnahkan di pangkalan udara dengan cara dibakar. Namun, klarifikasi itu tetap saja membuat marah warga muslim di Afghanistan. Dan aksi protes terus meluas.

Lihat videonya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya