Untuk Basmi Al-Qaeda, Irak Beli Rudal dan Drone AS

Rudal Hellfire
Sumber :
  • www.dodmedia.osd.mil
VIVAnews -
Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Pelanggaran Etik
Pemerintah Irak menerima puluhan roket dan rencananya juga akan mendapatkan pesawat pengintai nirawak (drone) dari Amerika Serikat. Berbagai persenjataan ini dibeli Irak untuk membasmi al-Qaeda, selang dua tahun setelah pasukan AS hengkang.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Diberitakan
Tottenham dan Man Utd Berjuang untuk Mengontrak Mantan Pemain Arsenal, Segini Harganya
Reuters , Jumat 27 Desember 2013, pengiriman persenjataan tersebut telah sampai di Irak pekan lalu, lebih cepat dari perkiraan. Tercatat ada 75 rudal hellfire yang dibeli Irak dan telah tiba.


Irak juga membeli 10 drone Scan Eagle yang akan dikirimkan tahun depan. Selain itu, AS juga menjanjikan akan menjual 18 jet tempur F-16 pertama ke Irak yang akan dikirimkan pada pertengahan 2014.


"Pengiriman rudal Hellfire dan ScanEagles yang akan datang adalah penjualan militer asing yang standar dengan Irak untuk memperkuat kemampuan mereka melawan ancaman. Kami berkomitmen untuk mendukung pemerintah Irak untuk memenuhi keperluan pertahanan mereka," kata seorang pejabat Kementerian Luar Negeri AS yang enggan disebut namanya.


Kekerasan sektarian di Irak diperparah peningkatan serangan oleh Al-Qaeda terhadap pemerintahan Nuri al-Maliki yang Syiah. Menurut PBB, lebih dari 8.000 orang terbunuh tahun ini dalam serangan di Irak.


Hari Natal lalu, dua bom mobil meledak menewaskan sedikitnya 38 orang dan melukai 70 umat Kristen lainnya di Bagdad. Salah satu bom meledak di luar gereja usai misa Natal, bom lainnya meledak di pasar saat umat Kristiani sedang berbelanja.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya