Tokoh Jahat Film Harry Potter Disebut Dalam Konflik China-Jepang

Film Harry Potter
Film Harry Potter
Sumber :
  • facebook

VIVAnews - Dalam kasus ketegangan hubungan diplomatik antara RRC dengan Jepang, tiba-tiba muncul tokoh fiksi jahat dalam film serial Harry Potter. Tokoh tersebut, kali pertama disebut Duta Besar RRC untuk Inggris, Liu Xiaoming, ketika menulis surat di harian Telegraph tanggal 1 Januari 2014. 

Dalam suratnya, Liu menyebut Kuil Yasukuni sebagai simbol penguasaan militer Jepang. Stasiun berita Channel News Asia akhir pekan lalu menyebut pernyataan Liu yang menyamakan militarisme seperti Voldemort Jepang, maka Kuil Yasukuni merupakan hocrux, yang menjadi wadah untuk menyimpan sebagian jiwa karakter jahat tersebut agar tetap hidup abadi.

Tak mau kalah, Dubes Jepang untuk Inggris, Keiichi Hayashi lantas menulis pernyataan balasan. Dia menulis di kolom opini untuk harian Inggris, Daily Telegraph dan menyebut justru Negeri Tirai Bambulah yang dianggap sebagai Lord Voldemort sesungguhnya. 

Hayashi menganggap bahwa kritik yang dialamatkan Liu terhadap Perdana Menteri Shinzo Abe yang mengunjungi Kuil Yasukuni terlalu berlebihan. Dia kemudian menyarankan dua langkah terbuka bagi RRC.