Slovenia Waspada Beruang

VIVAnews - Kepolisian Slovenia menutup jalan-jalan masuk di ibukota Ljubljana untuk memburu seekor beruang coklat, Kamis 16 April 2009. Juru bicara Dinas Kehutanan Slovenia Tone Lesnik mengatakan beruang itu terlihat di bukit Roznik, sekitar satu mil dari pusat Ljubljana.

"Polisi telah menutup bukit itu dan kami telah mengirim lima orang untuk mencari beruang yang kelihatannya berusia dua tahun itu," kata Lesnik seperti dimuat laman stasiun televisi ABCNews.

Jika berhasil ditangkap, beruang itu akan dikembalikan ke habitat alaminya. Lesnik memperkirakan beruang tersebut berasal dari hutan di sebelah barat Ljubljana. Dia mengaku terkejut beruang itu bisa tiba di kota dengan selamat.

Setiap tahun, rata-rata terjadi dua kali serangan beruang di Slovenia. Serangan terakhir terjadi 32 kilometer dari Ljubljana tahun lalu saat seekor beruang betina menyerang seorang pelari.

Lesnik mengatakan selama beberapa tahun terakhir, populasi beruang yang bertambah membuat binatang besar ini semakin mendekati kota dan pedesaan untuk mencari makanan. Slovenia memiliki antara 430 hingga 490 beruang coklat.

Sekitar 25 beruang tewas setiap tahun akibat tertabrak kendaraan atau kereta. Tahun lalu, departemen lingkungan hidup menurunkan jumlah beruang yang boleh diburu pada 2009, dari 75 beruang pada 2008 menjadi 70 ekor beruang untuk menjaga kelestarian populasi beruang.