ISIS Menculik Sedikitnya 220 Orang dari Desa Kristen Suriah

ISIS penggal 21 warga Kristen Mesir
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Gelar Operasi Antiteror, Polisi Kanada Lumpuhkan Tersangka
- Kelompok militan ISIS telah menculik sedikitnya 220 orang, selama tiga hari penyerangan ke desa-desa Kristen Asiria di Suriah. Demikian dilaporkan kelompok yang memonitor kekerasan di Suriah, Kamis, 26 Februari 2015.

ISIS Klaim Rampas Senjata Milik Tentara AS

Organisasi Pengamat HAM Suriah (SOHR) yang dikutip Reuters, menyebut penculikan terjadi setelah ISIS merebut 10 desa, yang dihuni oleh minoritas Kristen kuno Asiria dekat kota Hasaka, dalam tiga hari terakhir.
Militer Mesir Klaim Tewaskan Pentolan ISIS di Sinai


Ratusan orang Kristen dari desa-desa itu kini mengungsi ke dua kota utama di Provinsi Hasaka. "ISIS kini menguasai 10 desa Kristen," kata Rami Abdulrahman, kepala SOHR.


Belum ada pernyataan dari ISIS tentang penculikan ini. Namun, kelompok radikal itu telah merilis rekaman video, yang memperlihatkan eksekusi mati terhadap 21 orang Kristen Koptik Mesir di Libya pada pekan lalu.


ISIS menyerang desa-desa Kristen Asiria, setelah kekalahan yang diderita kelompok itu dari pasukan Kurdi, pada sebagian wilayah dekat perbatasan dengan Irak, yang dianggap penting bagi ISIS.


Direbutnya wilayah ISIS pada perbatasan Irak dan Suriah, akan mempersulit kelompok militan itu dalam melakukan pergerakan personel dan persenjataan berat. (one)


Simak Juga:




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya