Penculik Anak WNI Belum Tinggalkan Vietnam

Karl Werner dan Cecilia
Sumber :
  • Facebook Ela Herawati
VIVA.co.id
Ini Kronologi Penculikan Cecilia di Vietnam
- Hingga saat ini, nasib putri Ela Herawati, Cecilia, masih belum diketahui. Padahal, sudah 21 hari lamanya dia dibawa kabur ayahnya, Karl Werner di Vietnam. 

Usai Dibawa Kabur di Vietnam, Putri Ela Ketakutan
Laman Thanh Nien News, Rabu, 5 Agustus 2015, melansir gadis berusia lima tahun itu dibawa kabur Werner saat tengah berada di resor Lan Raung. Ela lalu melaporkan kasus ini ke Konsulat Jenderal Indonesia di Ho Chi Minh. 

Anak Ketemu di Vietnam, Ela Ucapkan Terima Kasih
Pihak Konsulat Indonesia diketahui telah tiga kali mengirimkan petisi ke Konsulat Jenderal Amerika Serikat atas nama Cecilia. Menurut seorang sumber yang berada di Konsulat Jenderal AS,  mereka belum bisa menghubungi Werner. 

Oleh sebab itu, Konsulat Jenderal AS menindaklanjuti dengan mengirimkan informasi itu ke Departemen Hubungan Eksternal untuk mencari Cecilia dan memastikan keadaannya. Konsulat Jenderal AS juga telah memerika Departemen Imigrasi Vietnam apakah Werner telah meninggalkan Vietnam.

Namun, departemen imigrasi memastikan Werner masih ada di sana kendati wilayah perbatasan antara Vietnam dengan beberapa negara lain terdapat banyak celah. 

Ela datang ke Vietnam bersama Cecilia atas permintaan mantan suaminya itu. Melalui pesan pendek WhatsApp, Werner mengaku menderita kanker tulang dan dalam keadaan sekarat. Pria berusia 37 tahun itu meminta Ela membawa Cecilia ke Vietnam, karena khawatir usianya tak panjang.

Tetapi, ketika mereka bertiga menghabiskan waktu berlibur di resor Lan Raung, Werner malah membawa kabur Cecilia dengan bantuan kekasihnya, seorang wanita Vietnam, Nguyen Phuong Quynh. Belakangan, Werner diketahui berbohong mengenai penyakit kanker tulangnya, karena tongkat yang biasa dia gunakan ditinggalkan di kamar hotel. 

Di dalam potongan kamera pengawas, Werner terlihat bisa berjalan normal tanpa menggunakan tongkat.

"Saya yakin otoritas berwenang di Vietnam juga tengah mencari keberadaan putri saya," kata Ela. 

Selain melapor ke polisi dan Konsulat Jenderal Indonesia dan AS, Ela turut menggalang bantuan melalui media sosial Facebook dengan fan page: "Find Cecilia". Tujuannya untuk menarik empat masyarakat dunia maya agar bisa memberikan informasi mengenai keberadaan Cecilia. 

Ela menikah dengan Werner tahun 2010 lalu. Namun, pernikahan itu tak langgeng dan diakhiri dengan perceraian di tahun 2014. Pengadilan agama memberikan hak asuh Cecilia ke Ela, karena Werner terbukti berselingkuh. Dia diwajibkan untuk memberi uang bulanan senilai US$500 atau Rp6,7 juta. Tetapi, menurut Ela, dia tidak pernah menerima satu sen pun dana bulanan untuk Cecilia. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya