KJRI: Anak WNI yang Diculik di Vietnam Sudah Ditemukan

Ela Herawati memeluk putrinya Cecilia setelah bertemu kembali
Sumber :
  • Facebook Fan Page Ela Herawati
VIVA.co.id
Ini Kronologi Penculikan Cecilia di Vietnam
- Konsul Jenderal RI di Ho Chi Minh, Vietnam, Jean Ames, mengatakan WNI yang sempat mengaku kehilangan putrinya karena diculik, Ela Herawati, telah berkumpul kembali dengan putrinya, Cecilia Adisoma Werner. Menurut Jean, bocah perempuan berusia lima tahun itu berkumpul kembali dengan sang Ibu melalui proses mediasi yang alot. 

Usai Dibawa Kabur di Vietnam, Putri Ela Ketakutan
Dihubungi VIVA.co.id melalui telepon pada Minggu, 9 Agustus 2015, Jean mengatakan, kini Ela, Cecilia dan mantan suami Karl Leonhard Werner tinggal satu atap demi memuluskan proses negosiasi. Mereka masih terus bernegosiasi bagaimana pola asuh terhadap Cecilia ke depannya. Negosiasi dilakukan di area Vung Tao.

Anak Ketemu di Vietnam, Ela Ucapkan Terima Kasih
"Proses negosiasi hingga saat ini masih terus berlangsung. Mantan suami Ibu Ela juga menginginkan hak asuh Cecilia. Sehingga, mereka masih terus bernegosiasi untuk mencari titik temu," papar Jean. 

Dia menjelaskan, jika melalui proses negosiasi tak juga ditemukan solusi, maka bisa saja kasus yang semula merupakan masalah keluarga bergulir ke ranah hukum. Sementara, terkait adanya tuduhan perampokan yang dilakukan oleh Werner, penyelidikannya, ujar Jean masih terus berjalan. 

"Kini, tinggal dicari saja, apakah barang buktinya ditemukan," kata Jean. 

KJRI pun terlihat berhati-hati dalam membantu penyelesaian kasus ini. Sebab, kasus tersebut merupakan permasalahan keluarga. 

"KJRI memberi pengamanan dan ikut dalam negosiasi, hanya untuk memastikan agar hal-hal yang tak diinginkan tak terjadi," Jean menambahkan. 

Sementara, dalam akun fan page di Facebook berjudul: "Find Cecilia", Ela mengucap syukur karena bisa kembali bertemu dengan putrinya. Dia juga mengucapkan terima kasih atas bantuan semua pihak sehingga putrinya bisa kembali. 

"Mohon doa agar proses di Vung Tau berjalan damai dan mulus," tulis Ela.

Kasus ini bermula dari niat Werner yang tak jujur dan ingin mengambil Cecilia tanpa persetujuan Ela. Agar bisa mengasuh Cecilia, Werner yang bermukim di Vietnam mengirimkan teks kepada wanita berusia 35 tahun bahwa dia sedang sekarat menderita kanker tulang.

Werner meminta Ela agar mengajak Cecilia ke Vietnam, karena khawatir tak lagi memiliki kesempatan untuk bertemu. Permintaan itu dipenuhi. Pada tanggal 15 Juli lalu, Ela membawa Cecilia ke Ho Chi Minh. Mereka bertiga sempat berlibur bersama, namun pada akhirnya Cecilia malah dibawa kabur Werner. 

Dalam beraksi, Werner turut melibatkan kekasihnya yang merupakan warga Vietnam.

Ela turut mengklaim Werner juga merampok benda-benda berharga dan uang tunai. Belakangan, diketahui Werner hanya , agar bisa membawa kabur Cecilia.

Ela dan Werner menikah tahun 2008 lalu dan bercerai tahun 2014. Pengadilan Agama di Indonesia memutuskan hak asuh jatuh ke tangan Ela, karena Werner terbukti berselingkuh. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya