Misi Uni Eropa untuk ASEAN Buka Kantor di Jakarta

Uni Eropa
Sumber :
  • VIVA.co.id / Rebecca Reifi Georgina

VIVA.co.id - Perwakilan Misi Uni Eropa (UE) untuk ASEAN hari ini resmi membuka kantor di Jakarta. Ini menunjukkan kian seriusnya Uni Eropa menganggap ASEAN sebagai mitra kawasan sembari berkomitmen membantu mulusnya integrasi regional di Asia Tenggara.

Partai Buruh Ingin Inggris Tetap Gabung Uni Eropa

Acara peluncuran dihadiri oleh Duta Besar UE untuk ASEAN, Fransisco Fontan Prado, Duta Besar UE untuk Indonesia, Vincent Guerend, Sekjen ASEAN Le Luong Minh, Direktur Jenderal Keuangan dan Administrasi dari European External Action Service (EEAS), Patrick Child, dan Direktur Mitra Wicara dan Antar Kawasan Kerja Sama ASEAN Kemlu RI, Derry Aman.

"UE dan ASEAN bekerja dalam bidang yang sama, kedua kawasan sama-sama belajar dan bekerja sama satu sama lain. Target kami, dengan adanya kantor perwakilan yang baru ini adalah agar dapat terus berjalan bersama, mengembangkan hubungan dengan ASEAN dan bekerja sama dalam banyak sektor mulai dari ekonomi, sosial, budaya dan lainnya," kata Dubes Prado, di gedung Intiland, Jakarta.

Prado menambahkan, UE dan ASEAN akan membawa hubungan kedua kawasan hingga ke level politikal, dengan banyak melakukan pertemuan dengan negara-negara atau perwakilan ASEAN sehingga hubungan menjadi sangat baik.

Sementara itu Dirjen Child mengatakan, dibukanya kantor perwakilan Misi UE untuk ASEAN ini menunjukkan eratnya hubungan baik antara kedua kawasan.

"UE memiliki hubungan yang sangat erat dengan ASEAN dan kantor perwakilan ini merepresentasikan hal tersebut. Keduanya ingin memperluas dan mengembangkan hubungan kerja sama dan konektivitas," kata Child.

Sekjen Minh menambahkan, UE dan ASEAN sudah sejak lama dan banyak melakukan koordinasi dalam berbagai bidang. UE, katanya, menganggap ASEAN adalah partner yang sangat penting dan ia berharap pembukaan kantor ini akan memperkuat hubungan kedua kawasan.

"Selamat untuk UE dan ASEAN. Sejak tahun 1977 UE sangat memiliki peran besar bagi ASEAN. UE merupakan investor terbesar dan partner dagang terbesar kedua bagi ASEAN," kata Derry. (ren)

Ini yang Diakui Dunia Barat soal Indonesia
Ilustrasi banjir

Makedonia Diterjang Banjir Bandang, 21 Orang Tewas

Uni Eropa siap bantu karena negeri itu calon anggotanya.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016