Kemlu Tegaskan Jumlah Pengungsi Rohingya di Aceh Berkurang

Pengungsi asal Rohingya, Myanmar, di kamp penampungan di Aceh.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rahmad

VIVA.co.id – Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Arrmanatha Nassir, menegaskan saat ini jumlah pengungsi asal Rohingnya yang ditampung di Aceh sudah jauh berkurang. Status mereka di Indonesia hanya satu tahun. Kini mereka sedang menunggu keputusan apakah keberadaan mereka diperpanjang atau tidak.

Lagi, 50 Imigran Rohingya Mendarat di Aceh

"Jumlah para pengungsi itu sudah sedikit sekali, di bawah 300 orang. Sekarang sedang dalam proses penanganan oleh International Organization  for Migration (IOM) dan United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR). Mereka yang akan mencari tempat (negara) untuk menampung para pengungsi," kata Arrmanatha, di Gedung Kemlu RI, Jakarta, Selasa, 21 Juni 2016.

Sementara itu, ia juga mengatakan bahwa kerja sama antara Indonesia, Thailand dan Malaysia sudah selesai dilaksanakan.

Bobon Santoso Ogah Masak untuk Rohingya: Mending Masak Buat Saudara di Papua

Indonesia juga terus mengkomunikasikan dengan pemerintah Myanmar terkait pengungsi Rohingya yang masih berada di Aceh hingga saat ini.

"Sudah kalau itu, untuk mengatasi yang tahun lalu. Tiga negara ini mengatasi bersama permasalahan pengungsi. Begitu juga Thailand dan Malaysia yang menyampaikan strategi mereka juga," ungkapnya.

Imigran Rohingya Dapat Penolakan di Aceh, Aa Gym: Bayangkan Kalau Kita di Posisi Mereka
Ustaz Derry Sulaiman

Top Trending: Derry Sulaiman Siap Tampung Imigran Rohingya, Ramalan 2024 Bakal Terjadi Perang

Berita tentang kasus-kasus bunuh diri satu keluarga paling mengerikan di dunia menjadi yang terpopuler di kanal Trending VIVA.co.id sepanjang hari Kamis, 14 Desember 2023

img_title
VIVA.co.id
15 Desember 2023