Imigran Rohingya Dapat Penolakan di Aceh, Aa Gym: Bayangkan Kalau Kita di Posisi Mereka

KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym)
Sumber :
  • VIVA: Surya Aditiya

Jakarta – Pengasuh Pondok Pesantren Daarut Tauhiid, Bandung KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) buka suara terkait imigran Rohingya yang mendapat penolakan dari warga Aceh.

Gibran Diberi Wejangan Ma'ruf Amin: Presiden dan Wakil Presiden Harus Kompak

Aa Gym mengaku tidak mempersoalkan kedatangan para imigran dari Myanmar tersebut, sebab dalam Islam diajarkan untuk selalu berbuat baik kepada sesama manusia.

VIVA Militer: Pengingsi Rohingnya

Photo :
  • The Conversation
Gibran Sowan ke Rumah Dinas Wapres Ma'ruf Amin, Langsung Cium Tangan

“Kebaikan ini harus menjadi bagian dari ciri negeri kita juga. Walaupun kita harus bersikap proporsional dengan penyebab-penyebabnya. Tapi kalau orang darurat sebaiknya kita carikan solusi terbaik” ucap Aa Gym saat ditemui VIVA dalam acara ‘Amazing Quran the Heritage of Quran’ yang digelar Cinta Quran Foundation di kawasan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Minggu, 10 Desember 2023.

Dia mengatakan, seandainya seseorang terjebak dalam keadaan seperti yang dialami imigran Rohingya, kemungkinan orang tersebut akan berat menjalaninya. Karena itu, dia mengimbau agar persoalan ini dapat diselesaikan dengan solusi terbaik.

Gibran Akan Temui Wapres Ma'ruf Amin Sore Ini

“Bayangkan kalau kita di posisi mereka, pasti kita repot sekali. Jadi harus dicarikan Solusi terbaik, kita bisa menolong (Rohingya) tapi warga (Aceh) tidak ada yang menjadi tidak nyaman,” jelasnya

Dilaporkan pada Minggu, 10 Desember 2023 siang, sebanyak 202 imigran Rohingya kembali mendarat di Pantai Desa Blang Raya, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie, Aceh.

Dalam laporan UNHCR, tercatat sudah 1.200 pengungsi yang tiba di Aceh sejak pertengahan November 2023. Mereka tersebar di Sabang, Pidie dan Lhokseumawe.  Jumlah itu belum termasuk 202 pengungsi Rohingya yang baru tiba kemarin.

KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym)

Photo :
  • VIVA: Surya Aditiya

Sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin membuka opsi untuk menampung para imigran Rohingya di Pulau Galang, Kota Batam, Riau.

Terkait opsi di atas, Aa Gym mengaku belum memahami hal tersebut. Namun, apapun keputusannya, ia mewanti-wanti agar tidak ada yang dirugikan dari kebijakan itu.

“Ya Aa kurang paham tentang hal itu. Tapi kita tolong tanpa juga ada yang dirugikan. Itu intinya,” pungkas AA Gym

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya