Artis India Ini Dilarang Mainkan Drama Ramayana

Anggota Shiv Sana India.
Sumber :
  • Reuters.com

VIVA.co.id – Kelompok politik nasionalis keras India, Shiv Sena mendesak, bintang Bollywood, Nawazuddin Siddiqui (42), membatalkan penampilannya dalam sebuah festival Hindu karena dia beragama Islam.

6 Agama yang Diakui di Indonesia, Populasi Agama Islam Mencapai 87,2%

Melansir situs BBC, Minggu, 9 Oktober 2016, sejumlah anggota Shiv Sena menentang pemeran yang beragama Islam untuk tampil di Ramlila, sebuah festival drama yang didasarkan pada kisah Ramayana dan digelar di seluruh India.

Festival itu akan menghidupkan kembali kisah kemenangan Dewa Rama saat melawan Raja Rahwana yang jahat dan berkepala 10, yang mencerminkan kemenangan kebaikan atas kejahatan.

Terungkap Gauri Khan Mengendalikan Kehidupan Shah Rukh Khan

Kampung-kampung di seluruh India menggelar drama tersebut dan menghabiskan waktu yang panjang untuk latihan dan menyiapkan pertunjukan.

Siddiqui sendiri mengatakan bahwa tampil di Ramlila merupakan 'mimpinya sejak kecil'. Rencananya, ia akan tampil dalam Ramlila di desanya, Budhana, di negara bagian Uttar Pradesh.

Bintangi 14 Film dan 50 Iklan, Sana Khan Pilih Pensiun Demi Islam

Namun, Siddiqui dipaksa membatalkan keikutsertaannya hanya beberapa menit sebelum drama dimulai. Meski begitu, ia tak patah arang dan tersinggung. Siddiqui tetap yakin kalau dirinya akan tampil di Ramlila tahun depan.

Bintang Bollywood, Nawazuddin Siddiqui.

Nawazuddin Siddiqui (www.thebooknerds.in).

Shiv Sena merupakan kelompok nasionalis keras Hindu dan dalam beberapa kesempatan para anggotanya menggunakan kekerasan untuk memaksakan keinginan mereka.

"Dalam sejarah 50-60 tahun Ramlila di Budhana, tidak ada bintang Islam yang tampil di panggung. Kami tidak akan membiarkannya. Ini menyangkut tradisi," kata Mukesh Sharma, salah seorang anggota Shiv Seena.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya