Begini Cara Meksiko Cokok Bos Narkoba Kelas Kakap

Bos kartel The Graduate dijaga ketat usai penangkapan
Sumber :
  • REUTERS/Carlos Jasso

VIVA.co.id – Bos kartel obat bius Meksiko yang selama ini termasuk target nomor satu polisi dalam kejahatan narkoba berhasil ditangkap. Damaso Lopez awalnya merupakan tangan kanan gembong besar narkoba Joaquin "El Chapo" Guzman dan kemudian menjadi suksesor El Chapo. Dia dibekuk polisi dengan bantuan tentara Meksiko.

Brigjen Mukti Blak-blakan Gembong Narkoba Fredy Pratama Punya Jaringan Baru, Dipimpin Cewek

Penangkapan ini diyakini melibatkan sejumlah elite keamanan dan intelijen melalui pertempuran berdarah dengan para bos kecil kartel Sinaola, demikian ungkap laporan Sky News, Selasa 2 Mei 2017.

Kartel Sinaloa mulai goyang sejak El Chapo ditangkap dan diekstradisi ke Amerika Serikat pada Januari tahun ini. Sementara Damaso Lopez yang sering disebut "The Graduate" pada akhirnya berhasil ditangkap beberapa hari lalu di sebuah apartemen kelas menengah di Meksiko setelah sebelumnya diketahui sedang makan di salah satu restoran di kota tersebut.

Tok! Tangan Kanan Gembong Narkoba Fredy Pratama Divonis Hukuman Mati

Media dan stasiun televisi Meksiko memperlihatkan suasana mencekam dan ketatnya pengawalan atas The Graduate. Pengawalan dilakukan dengan konvoi panjang mobil-mobil petugas yang membawa bos kartel itu ke Gedung Kejaksaan.

Penangkapan ini bukan hal yang mudah mengingat The Graduate bahkan sebelumnya berhasil membantu El Chapo kabur dari penjara dengan pengamanan tingkat tinggi. The Graduate membantu El Chapo membangun terowongan panjang untuk bisa melarikan diri hingga akhirnya ditangkap kembali.

Fakta-fakta Griselda Blanco The Godmother, yang Mungkin Belum Kamu Tahu!

Saat The Graduate digiring, jalanan Meksiko yang akan dilewati petugas pengamanan harus disterilkan. Konvoi panjang diisi mobil-mobil pengaman dan antipeluru. Pula pria-pria berseragam militer dan baju hitam mengawal ketat. Wajah mereka ditutup masker dan kepala dilindungi helm.

Jalanan yang akan dilewati konvoi bahkan sudah dijaga ketat petugas bersenjata untuk memastikan tak ada serangan dan upaya pembebasan terhadap bos kartel itu. (ren)

Pimpinan Majelis Taklim Nurul Musthofa, Habib Hasan bin Ja'far Assegaf

Terpopuler: Pastor Muda Lulus Seleksi Perwira Polri, Wasiat Penting Habib Hasan sebelum Wafat

Penceramah sekaligus pemimpin Majelis Nurul Musthofa Habib Hasan bin Ja'far Assegaf meninggal dunia. Para pengikutnya berduka dan merasa kehilangan atas kepergiannya.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024