Berdiri Negara Baru di Ukraina, Ulah Rusia

Krisis di Ukraina
Sumber :
  • REUTERS/Alexander Ermochenko

VIVA.co.id – Kelompok separatis di Wilayah Ukraina bagian timur mengklaim telah mendirikan sebuah negara baru yang diberi nama Malorossiya yang berarti "Rusia Kecil".

Kontak Tembak TNI di Papua, Laksda Julius: Ini Operasi Penyelamatan Pilot Susi Air

"Kami menawarkan cara damai bagi warga Ukraina untuk keluar dari situasi sulit tanpa perang. Ini adalah tawaran terakhir kami tidak hanya ke Ukraina, tapi juga semua negara yang mendukung perang sipil di Donbass," kata Alexander Zakharchenko, pemimpin Republik Rakyat Donetsk seperti dikutip dari The Washington Post.

Hal itu dinilai dapat meruntuhkan kesepakatan damai Minsk yaitu kesepakatan yang diteken pada tahun 2015 lalu antara pemberontak yang didukung Rusia dan pemerintah di Ukraina yang berusaha mengakhiri kekerasan di bagian timur Ukraina.

Kontak Tembak di Papua, TNI: Sejengkal pun Tak Mundur Jaga Wilayah NKRI

Berita tentang pendirian Malorossiya dengan cepat menuai berbagai kecaman. Presiden Ukraina Petro Poroshenko menyebut Republik Rakyat Donetsk ibarat boneka pertunjukan yang terus menyebarkan pesan dari Rusia.

Meski demikian, proklamasi Malorossiya dianggap kelompok Republik Rakyat Donetsk sebagai penegasan bahwa mereka bukan bagian Ukraina. Bahkan dalam sebuah peta yang dikeluarkan oleh kelompok separatis, seluruh wilayah Ukraina digambarkan sebagai bagian dari Malorossiya.

Pangdam Cenderawasih Apresiasi Bantuan Warga Paro Amankan 15 Tukang yang Sempat Disandera KSB

Satu-satunya yang dikecualikan adalah Krimea, wilayah yang terletak di semenanjung dan dianeksasi oleh Rusia pada bulan Maret 2014. (ase)

VIVA Militer: Kelompok Separatis Teroris (KST) Organisasi Papua Merdeka (OPM)

TNI Masih Kesulitan Komunikasi dengan Prajurit yang Kontak Tembak di Papua

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman menjelaskan kronologi aksi penyerangan dan penembakan gerombolan separatis teroris Papua terhadap prajurit TNI.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2023