Kerapnya Pejabat Australia Tersangkut Kewarganegaraan Ganda

Bendera Australia
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Menteri SDM dan Senator Wilayah Utara negara Australia, Matthew Canavan, mengundurkan diri dari jabatan penting tersebut. Dia menjadi politikus ketiga yang mundur dari jabatan kenegaraan selama beberapa pekan terakhir akibat persoalan dwi kewarganegaraan.

Tetap Cinta Indonesia, Deretan Artis Ini Pilih Pindah Kewarganegaraan

Dilansir laman BBC, Canavan selama ini mengaku tak sadar dengan problem tersebut. Dia menyatakan baru tahu bahwa ibunya mengajukan kewarganegaraan Italia untuk dirinya saat ia berusia 25 tahun. Kini Canavan diketahui sudah berusia 34 tahun.

Namun dia sempat mengatakan tak akan mundur dari posisinya yang juga sebagai senator hingga kepastian hukum masalah terkait diterimanya.

Kasus Bupati Sabu Raijua Terpilih Dilaporkan ke Kemenkumham

Diketahui bahwa Konstitusi Australia mengatur bahwa seseorang tidak dapat menjadi pejabat publik apabila memiliki dwi kewarganegaraan. Lebih awal beberapa pekan lalu, dua orang senator dari Greens Party juga akhirnya harus mundur akibat tersandung skandal kewarganegaraan ganda.

Canavan sendiri akhirnya mundur setelah membenarkan bahwa aplikasi yang dimasukkan ibunya ke Italia dikabulkan meski dia secara pribadi tidak meneken surat tersebut.

Wakil Ketua DPR: Bupati Terpilih Orient P Riwu Bisa Dibatalkan

"Pada tahun 2006 ibu saya memang mengajukan dokumen ke Konsul Italia di Brisbane untuk mendapatkan kewarganegaraan Italia," kata Canavan melalui akun Twitter-nya. (ase)

Meghan Markle

Meghan Markle Cerita Sulitnya Jadi Seorang Ibu dan Tes Kewarganegaraan Inggris

Meghan Markle mengatakan tes kewarganegaraan Inggris sangat sulit sehingga bahkan Pangeran Harry tidak dapat menjawab beberapa pertanyaan.

img_title
VIVA.co.id
3 November 2022