Australia Kirim Bantuan ke Myanmar dan Bangladesh

Pengungsi Rohingya usai melewati perbatasan menggunakan perahu menyusuri Naf River di Teknaf, Bangladesh, 7 September 2017.
Sumber :
  • REUTERS/Mohammad Ponir Hossain

VIVA.co.id – Pemerintah Australia menyampaikan keprihatinannya atas peningkatan kekerasan di negara bagian Rakhine dan krisis kemanusiaan yang timbul di Myanmar dan Bangladesh.

Lagi, 50 Imigran Rohingya Mendarat di Aceh

"Kami meminta pihak berwenang Myanmar, untuk menghentikan, memberi perlindungan warga sipil, dan membuka akses seluas-luasnya bagi para pekerja kemanusiaan," demikian keterangan tertulis Kedubes Australia, Senin 11 September 2017.

Pemerintah Australia akan mengirimkan bantuan sebesar 5 juta AUD, atau setara Rp53 miliar untuk membantu menjawab krisis. Bantuan tersebut akan memberi kontribusi untuk makanan penyelamat nyawa yang disediakan untuk 300 ribu jiwa.

Bobon Santoso Ogah Masak untuk Rohingya: Mending Masak Buat Saudara di Papua

"Bantuan pemerintah Australia di Bangladesh, akan disediakan melalui Program Pangan Dunia dan Organisasi Migrasi Internasional," demikan keterangan tersebut.

Sementara itu, di Myanmar, Australia akan bekerja sama dengan gerakan Palang Merah, untuk menjangkau mereka yang terdampak oleh konflik. Total dana bantuan Australia untuk Rohingya dan masyarakat yang terdampak di Bangladesh telah mencapai 50 juta AUD sejak 2012.

Imigran Rohingya Dapat Penolakan di Aceh, Aa Gym: Bayangkan Kalau Kita di Posisi Mereka
Ustaz Derry Sulaiman

Top Trending: Derry Sulaiman Siap Tampung Imigran Rohingya, Ramalan 2024 Bakal Terjadi Perang

Berita tentang kasus-kasus bunuh diri satu keluarga paling mengerikan di dunia menjadi yang terpopuler di kanal Trending VIVA.co.id sepanjang hari Kamis, 14 Desember 2023

img_title
VIVA.co.id
15 Desember 2023