Motif Heru Tega Bunuh Endang, Sakit Hati dengan Omongan Korban saat Tagih Utang

Polisi merilis Heru Kelenger pelaku pembuhan sadis Endang di Pasuruan, Jatim.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Uki Rama

Pasuruan - Polisi membeberkan motif aksi sadis Heru alias Kelenger (34) yang tega membunuh seorang ibu rumah tangga bernama Endang (50). Korban meregang nyawa dibunuh Heru di kediaman rumahnya, Desa Randupitu, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan pada Selasa, 7 November 2023.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Kapolres Pasuruan, AKBP Bayu Paratama Gubunagi menjelaskan Heru tega membunuh Endang lantaran sakit hati dengan omongan kasar korban. Pelaku tersinggung dengan pernyataan korban saat menagih utang.

Hal itu jadi alasan Heru yang sakit hati hingga menghabisi nyawa Endang dengan pisau dapur.

Mayat Bayi Ditemukan Terbungkus Kardus di Tanah Abang, Diduga Dibuang Sang Ayah.

"Motifnya sakit hati dengan omongan kasar korban ketika menagih utang ke pelaku," kata Bayu Paratama di Mapolres Pasuruan pada Jumat, 10 November 2023.

Heru si pelaku pembunuhan sadis di Pasuruan, Jatim.

Photo :
  • VIVA.co.id/Uki Rama
Alasan Nico Bunuh Wanita Open BO yang Jasadnya Ditemukan di Pulau Pari

Bayu mengatakan jika korban selama ini menjalankan usaha simpan pinjam uang di rumahnya. Nasabahnya ada kawan kerja suaminya dan juga para tetangganya, termasuk pelaku. Adapun pelaku Heru diketahui meminjam uang senilai Rp4 juta kepada korban.

Selama proses pengangsuran pinjaman, pelaku gagal membayar cicilan yang diangsur per bulan. Korban yang kesal karena pelaku tak bisa bayar utang pun melontarkan umpatan kasar.

"Untuk kata-kata yang kasar korban ke pelaku tidak saya ungkapkan, kasihan korban yang sudah meninggal. Salah satu di antaranya adalah masak istrinya mampu berangkat umrah tapi tidak mampu membayar utang," ujar Bayu.

Akibat pernyataan kasar korban, pelaku punya rencana membunuh. Niat pembunuhan itu akhirnya dilakukan pelaku saat korban memintanya datang ke rumah korban untuk bicara soal utang.

"Jadi, ada jeda waktu antara perencanaan dengan pembunuhan," jelas Bayu.

Pun, pelaku saat hari pembunuhan sengaja membawa pisau dapur dari rumah, sekitar pukul 08.00 WIB, Selasa, 7 November 2023. Pelaku mengendarai motor menuju ke rumah korban.

Menurut Bayu dari keterangan pelaku yang membukakan pintu rumah adalah korban sendiri. Kemudian, saat korban dan pelaku masuk ke dalam rumah, kejadian pembunuhan terjadi.

"Setelah mengunci pintu rumah korban, pelaku kembali pulang mengunakan sepeda motornya," kata Bayu.

Sebelumnya, Endang ditemukan tewas mengenaskan dengan luka tikaman di dalam kamar mandi. Jasad Endang ditemukan sang suami yaitu Sugiyono saat baru pulang bekerja pada Selasa sore.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya