Tipu-Tipu Tiket Coldplay Raup Rp1,2 M, Begini Modus Pelaku Kelabui Korban

Wakasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Henrikus Yossi
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana

Jakarta- Kasus tipu-tipu tiket Coldplay terjadi lagi. Kali ini, Polres Metro Jakarta Selatan menerima laporan soal dugaan penipuan modus jual-beli tiket konser Coldplay dengan kerugian korbannya mencapai Rp 1,2 miliar.

Tiket Konser Sheila on 7 di Bandung Ludes dalam 7 Menit

"(Kerugian) satu Rp 40 juta, satu lagi Rp1,2 M," ucap Wakil Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Polisi Henrikus Yossi kepada wartawan, Rabu 22 November 2023.

ilustrasi pelaku penipuan

Photo :
  • vstory
Tiket Konser Sheila on 7 Ludes di 4 Kota, Bandung Jadi Harapan Terakhir Hari Ini!

Sejauh ini, ada dua laporan baru di Polres Metro Jaksel. Modusnya hampir sama dengan yang ditangani Polres Metro Jakarta Pusat. Pelaku menjanjikan korban tiket, tapi sampai konser dimulai korban tak menerimanya. Pihaknya masih mendalami kasus ini.

"Beda (kasusnya), tapi modusnya sama. Modus tiket fiktif, tiket konsernya pas hari-H nggak ada," kata dia.

Marak WNI Jadi Korban Penipuan Pengantin Pesanan di China, KBRI Ungkap Modusnya

Pelaku yang diketahui berinisial DA mengklaim orang tuanya seorang agen travel yang punya jatah 310 tiket konser.  Hal itu ternyata menarik minat para korban yang merupakan reseller.

"Modusnya menyampaikan bahwa orang tuanya punya agen travel tiket, agen tiket gitu, dan punya kuota sekian ratus tiket. Ngakunya punya usaha tiket, agen travel gitu. Sehingga diberikan kuota totalnya 310 tiket," katanya.

Tapi, saat ditagih pelaku terus berdalih dan tiket tidak didapat para korban hingga konser berlangsung pada Rabu, 15 November 2023 lalu. Henrikus mengimbau masyarakat yang merasa jadi korban penipuan dengan modus serupa melapor ke pihaknya. Dia pun minta masyarakat terus berhati-hati dengan modus serupa kedepannya.

"Penipuannya di bulan Mei itu. Mei itu kan mulai ada pemesanan tiket, pas bulan Mei itu. Tapi baru ketahuannya mendekati hari H konser kok nggak ada kabar. Ini malah nggak ada tiketnya ini, udah transfer nggak ada tiket, nggak ada tiketnya. Banyak alasan (saat ditagih), alasannya belum dapat tiket dsb. cuman kan ini terlapor nya belum diperiksa, jadi kita belum mendalami faktanya seperti apa," kata dia lagi. 

Sebelumnya diberitakan, Polres Metro Jakarta Pusat mencokok Ghisca Debora Aritonang yang melakukan penipuan tiket konser Coldplay hingga meraup untun Rp15 miliar. Penangkapan merujuk lima laporan polisi yang masuk kesana.

Dari total lima laporan yang diterima Polrestro Jakpus, Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi Susatyo Purnomo Condro mengatakan kerugiannya beda-beda. Tapi, jika dijumlah mencapai Rp5,1 miliar.

“Ada total kerugian dari semua pelapor Rp5,1 M atau 2.268 tiket,” kata dia kepada wartawan, Senin 20 November 2023.

Tersangka kasus dugaan penipuan tiket Coldplay Ghisca Debora.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

Untuk diketahui, nama Ghisca Debora Aritonang tengah menjadi perbincangan hangat di media sosial. Pasalnya, wanita ini dituding melakukan penipuan tiket konser Coldplay yang telah di gelar pada Rabu, 15 November 2023 di Stadion Gelora Bung Karno.

Tak tanggung-tanggung, Gischa Deborah meraup untung hingga Rp15 Miliar dalam aksinya menipu calon penonton konser Coldplay.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya