Ratusan Motor Curian Ditemukan di Markas Gudbalkir Pusziad, 1 Prajurit TNI Diamankan

Pelaku curanmor beserta barang bukti motor hasil curian
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

Jakarta - Seorang Prajurit TNI AD Kopda AS bersama rekannya dari sipil, inisial AS ditangkap karena diduga melakukan tindak pidana penggelapan kendaraan bermotor di Sidoarjo, Jawa Timur pada Kamis, 4 Januari 2024.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Kadispenad Brigjen TNI, Kristomei Sianturi mengatakan bahwa, saat ini pihaknya telah melakukan penyelidikan terhadap keduanya. Pengungkapan kasus itu pun dilakukan pihak TNI bersama dengan aparat kepolisian.

"Saat ini Pomdam V/Brawijaya telah melakukan proses penyidikan terhadap Oknum anggota TNI AD terduga pelaku tindak pidana penggelapan tersebut. Dan penyidikan terhadap warga sipil diserahkan dan dikoordinasikan dengan Polda Metro dan Polda Jatim dalam penyelesaian kasus tersebut," kata Kristomei saat dikonfirmasi, Jumat, 5 Januari 2024.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Polisi tangkap I, pelaku pencurian kendaraan bermotor.

Photo :
  • VIVA/ Yandi Deslatama.

Kristomei menjelaskan hasil penyidikan akan diumumkan secara transparan kepada publik. Dengan penyidikan yang dilakukan secara terpisah antara tersangka militer dan sipil.

Pelaku Curanmor Babak Belur Dihajar Warga Usai Kedapatan Dorong Motor Curian

"Jika oknum anggota TNI AD tersebut terlibat dan terbukti bersalah melakukan tindak pidana akan diproses hukum sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku. Langkah ini diambil sebagai komitmen TNI AD dalam penegakan hukum," ucap dia.

Sementara dari informasi yang berkembang, disebutkan kasus ditangkapnya Kopda AS merupakan hasil pengembangan dari tersangka EI yang merupakan gembong pencurian kendaraan bermotor.

Pelaku pencurian sepeda motor di Tangerang. (ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/Sherly

Di mana, dari hasil penyidikan akhirnya terkuak kalau EL atas bantuan dari Kopda AS menjadikan Markas Gudbalkir Pusziad di Buduran sebagai lokasi penampungan kendaraan curian, di Sidoarjo, Jawa Timur.

Dari lokasi turut ditemukan 215 unit kendaraan roda dua dan 49 unit kendaraan roda empat yang mana telah disita sebagai barang bukti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya