Wanita di Aceh Manipulasi Kasus Pembunuhan Ibunya, Kini Jadi Tersangka

Polisi menunjukkan barang bukti kasus Anak bunuh ibu di Aceh. VIVA/Dani Randi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani Randi (Banda Aceh)

Aceh – Seorang wanita di Aceh Besar berinisial CNM (25) diduga melakukan pembunuhan terhadap ibu kandungnya. Bahkan ia juga memanipulasi kronologi kejadian yang membuat polisi sempat kewalahan mengungkap kasus itu.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Peristiwa itu bermula pada 2 Januari 2024 lalu. Saat itu CNM dan ibunya yang bernama Efi Marina (53) tinggal berdua di rumah mereka di kawasan Aceh Besar. 

Pada pagi harinya, Efi sudah ditemukan tewas dengan luka di bagian kepala karena benturan batu hingga luka memar di bagian leher, dada, tangan dan mata. 

Anaknya Dituding Selingkuhan Rizky Nazar, Ibu Salshabilla Adriani: Bunda Tahu Sakitnya Hati kamu

Ilustrasi/Korban pembunuhan

Photo :
  • VIVAnews/ Zahrul Darmawan (Depok)

Lantas tersangka melaporkan kasus itu ke pacarnya lalu ke polisi. Dalam keterangan awalnya, CNM menyebutkan telah terjadi perampokan di dalam rumah yang menyebabkan ibunya tewas. Ia juga menyebutkan perampok menganiaya dirinya dengan cara dibenturkan kepalanya ke tembok.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Polisi lantas menggali informasi dari saksi lain termasuk ke tetangga korban hingga teman pria CNM, Saksi yang diperiksa sebanyak 10 orang. Ternyata keterangan saksi lainnya berbeda dengan keterangan yang disampaikan oleh CNM. 

Begitupun dari hasil olah TKP, keterangan anak korban berbeda dengan apa yang disampaikan ke penyidik. Seperti tersangka dibenturkan kepalanya ke tembok sebanyak 3 kali, namun hasil visum tidak ada tanda-tanda benturan di bagian kepalanya.

“Di sini ada kejanggalan. CNM ini menyebut ada perampokan, tapi tidak ada satupun barang hilang. Akses pintu, jendela tidak ada yang dirusak paksa, pagar rumah terpatok dari dalam, dari saksi tetangga menyebut tidak ada keributan dari dalam rumah,” kata Kasat Reskrim Polresta Banda Aceh, Kompol Fadillah Aditya Pratama kepada wartawan, Kamis, 29 Februari 2024.

Pihak kepolisian lalu melibatkan ahli forensik dan ahli kejiwaan untuk ikut serta menyelidiki kasus tersebut. Hanya saja, tersangka masih tidak kooperatif.  “Hasil dari ahli forensik dan kejiwaan menunjukkan CNF memiliki kecenderungan memanipulasi dalam keadaan tertentu,” ucapnya.

Sehingga polisi menggali informasi dari pacar CNM yang saat itu jadi orang pertama dihubungi tersangka terkait kematian ibunya. Dari pacarnya itu, polisi menemukan titik terang terkait perilaku tersangka ke ibunya. 

“Pacarnya jadi saksi kunci yang membuat terang kasus ini. Pacarnya membuka keterangan bahwa CNM telah lama memendam rasa sakit hati ke ibunya,” kata Fadillah. 

Sehingga polisi menduga, tersangka nekat menghabisi ibunya karena sakit hati dan kecewa terhadap perlakuan ibunya selama ini ke dirinya.

“Kita menduga ini motifnya masalah keluarga antara ibu dan anak. Mungkin ada rasa kekecewaan anak yang merasa perlakuan ibunya membuat tersangka sakit hati,” katanya. 

Pihak kepolisian saat ini juga masih melakukan pemeriksaan lanjutan karena tersangka masih belum mengakui perbuatannya walaupun dari keterangan saksi, barang bukti hingga pemeriksaan forensik sudah mengarah ke CNM. “Hingga saat ini dia (CNM) belum mengakui,” kata Fadillah.

Meski begitu, tersangka terancam bakal dijerat dengan pasal 338 KUHp dengan ancaman 15 tahun penjara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya