Gempa Guncang Banten Lagi, BPBD Minta Warga Waspada

Penjelasan BMKG Soal Gempa Banten
Sumber :
  • ANTARA Foto/Fikri Yusuf

VIVA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tangerang meminta agar masyarakat tenang dan waspada terhadap gempa yang terjadi akhir-akhir ini di wilayah Tangerang.

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

"Saya imbau masyarakat tenang dan waspada, karena sudah tiga hari ini, gempa kerap dirasakan di wilayah Tangerang," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tangerang, Agus Suryana, Jumat, 26 Januari 2018.

Hari ini, gempa kembali mengguncang Lebak, Banten, pukul 11.48 WIB. Gempa berkekuatan 5,2 skala richter itu terasa hingga ke Tangerang. Gempa tersebut tak berpotensi tsunami.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Kepanikan sempat melanda sejumlah pegawai di kawasan pusat pemerintahan Kabupaten Tangerang, khususnya DPRD Kabupaten Tangerang. 

Menurut Eka, salah satu pegawai setempat, para pegawai dan staf diminta keluar gedung. "Tadi sempat terasa gempanya sekitar 5 detik, kami diminta keluar. Kurang lebih satu menit setelah kondisi aman, kami  langsung masuk kembali ke gedung," ujarnya.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Terkait proses penyelamatan saat gempa, Agus memberikan imbauan. "Untuk di gedung tinggi cari jalur evakuasi untuk ke ruang terbuka. Jangan gunakan lift atau apabila terdesak segera bersembunyi di kolong meja atau berdiri di sudut ruangan dengan melindungi bagian kepala. Namun, disarankan untuk ke ruang terbuka," ujarnya. (Baca: Infografis: Panduan Ketika Gempa Mengguncang)

Sebelumnya, gempa 6,1 SR terjadi di Lebak, Banten, Selasa, 23 Januari 2018. Gempa terasa hingga ke Tangerang, Jakarta dan Bogor. Kemudian gempa kembali terjadi pada Rabu, 24 Januari 2018. Gempa berkekuatan 5,1 SR di Lebak itu turut dirasakan warga di wilayah Tangerang. (ase)

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024