Panik dan Takut Polisi, Pemotor Bikin Kacau JLNT Casablanca

Operasi kepolisian di JLNT Casablanca.
Sumber :
  • TMC Polda Metro Jaya

VIVA – Karena takut ditilang polisi, seratusan pengendara sepeda motor di ruas jalan layang non tol atau flyover Casablanca, Jakarta Selatan, memilih nekat mempertaruhkan nyawa dengan memaksa melaju di jalur berlawanan arah.

Dishub DKI Tutup JLNT Casablanca-Tanah Abang Mulai Malam Ini, Kenapa?

Aksi nekat pemotor ini terekam dalam sebuah video singkat yang diunggah kepolisian di akun Twitter resmi Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, Kamis, 1 Februari 2018.

Pada video berdurasi 31 detik ini, tampak seratusan pemotor menghentikan laju kendaraanya dan nekat memutar balik di atas jalan layang. Karena dilanda kepanikan, pemotor itu tetap  memaksa berputar arah, walaupun saat itu kondisi lalu lintas di ruas jalan layang sangat padat.

Terpopuler: Pemotor Tewas di JLNT Casablanca, Prabowo Unggul hingga PDIP Masih Teratas

Akibatnya, kekacauan lalu lintas terjadi di atas jalan layang, mobil yang akan melintas tak bisa melaju, sebab seratusan pemotor yang berputar arah berada dalam posisi menutup seluruh ruas jalan.

"Perilaku pengendara (JLNT Casablanca) seperti ini tidak pantas ditiru.Taatilah Peraturan lalu lintas,jaga sopan santun berlalu lintas dan utamakan Keselamatan baik diri Anda dan pemakai jalan lain," tulis TMC.

Pemotor Tewas Ditabrak Fortuner, Usai Nekat Lawan Arah di JLNT Casablanca

Aksi berbahaya para pemotor ini bukan hal yang pertama terjadi di flyover Casablanca. Hampir setiap hari ada saja pemotor yang melakukannya, terutama jika kepolisian menggelar operasi lalu lintas.

Untuk diketahui, flyover Casablanca memang tidak boleh dilintasi sepeda motor. Aturan ini sudah diterapkan sejak ruas jalan ini dibuka pada 2013. Pemotor dilarang melewati jalan layang ini karena alasan keselamatan. Sebab, embusan angin di ruas jalan layang ini sangat kencang sehingga dapat memengaruhi keseimbangan pengendara sepeda motor dan terjatuh.

Pada 27 Januari 2014 lalu, tindakan pengendara sepeda motor yang nekat melintasi jalan layang non tol itu makan korban. Ketika itu, Windawati atau Wiwin yang tengah mengandung delapan bulan itu tewas seketika setelah tubuhnya terjatuh dari jalan layang tersebut.

Kejadian bermula saat motor yang dikendarai suami Wiwin, Faisal melaju dari arah Tebet menuju Tanah Abang. Setelah melintas depan ITC Setiabudi, Faisal membelokkan setang motornya untuk memutar arah. Kabarnya, dia berbalik arah lantaran ada razia polisi. Namun, ketika melaju dengan melawan arus motornya bertabrakan dengan mobil Honda City. Seketika itu, Wiwin yang dibonceng di belakang terlempar hingga jatuh dari jalan layang tersebut.

Tonton videonya:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya