Viral di Media Sosial, Pemotor Ramai-ramai Lakukan Pelanggaran

VIVA Otomotif: Pemotor balik arah di ujung JLNT Casablanca
Sumber :
  • Tangkapan layar Instagram @jktinfo

Jakarta – Sejumlah pemotor melakukan aksi balik arah, saat ini sedang ramai di media sosial. Dalam video yang diunggah, tampak para pengendara berjejer rapi untuk melakukan hal itu.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Instagram @jktinfo, Kamis 27 Juli 2023, diketahui bahwa peristiwa itu terjadi di Jala Layang Non Tol atau JLNT Casablanca, Jakarta Selatan.

Diduga mereka melakukan putar balik, karena ada petugas polisi yang berjaga dan siap melakukan penindakan berupa tilang.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Jalanan itu memang kerap dimanfaatkan oleh para pemotor, sebagai jalur pintas untuk menuju wilayah Karet dan Tanah Abang, maupun arah sebaliknya ke Tebet dan Kampung Melayu.

Namun sejak pertama kali diresmikan, JLNT Casablanca tidak diperbolehkan untuk dilintasi oleh kendaraan bermotor roda dua.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Alasannya yakni karena jalur layang itu kurang aman untuk pengendara motor, karena lokasinya yang tinggi membuat angin kencang dengan mudah menyebabkan kuda besi oleng dan hilang keseimbangan.

Sejumlah pengendara sepeda motor melintasi Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang di kawasan Casablanca, Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

Apalagi, di jalur tersebut tidak ada lajur khusus untuk sepeda motor sehingga risiko tertabrak mobil menjadi sangat besar. Belum lagi posisinya yang tinggi, dapat membuat pengendara terjatuh ke bawah.

Kecelakaan yang merenggut nyawa pernah terjadi beberapa kali di lokasi itu. Terbaru yakni tewasnya pengendara motor Honda Vario akibat jatuh dan terlindas motor lain, yang terjadi pada akhir Juni kemarin.

Meski demikian, hal tersebut tampaknya tidak membuat pengguna motor jera dan tetap memilih untuk mengambil risiko ketimbang terjebak kemacetan di jalur bawah.

Belum lama ini, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengklaim kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) segera dipasang di JLNT Casablanca. Rencananya, hal itu akan diwujudkan dalam waktu 3-4 bulan ke depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya