Bagaimana Suasana Jakarta Tahun 1941, Begini Videonya

Jakarta 1941.
Sumber :
  • Repro Facebook

VIVA – Seorang pria asal Belanda berhasil membuat sebuah film dokumenter tentang kondisi Jakarta tahun 1941. Ciptaannya itu kini membuat geger dunia, sebab dibuat dari potongan video dan rekaman suara yang dikumpulkan dari berbagai lokasi.

Tetap Kompak, Momen Eko dan Akri Jenguk Parto, Minta Penggemar Jangan Khawatir Hal Ini

Film buatan pria bernama Sven Verbeek itu diunggahnya di akun Facebook, pada Kamis 1 Februari 2018. Dua pekan setelah diunggah, sudah lebih dari 400 ribu kali ditonton dan lebih dari 11 ribu kali dibagikan.

Setidaknya Sven Verbeek telah menghabiskan waktu lebih dari dua tahun untuk mengumpulkan rekaman video dan rekaman suara yang sangat langka itu, sebelum dirangkai jadi sebuah film lengkap.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

"Bergabunglah dengan saya dalam perjalanan warna-warni ke jakarta tahun 1941. Nikmati rekaman berwarna langka, menyerap suara dan suasana 77 tahun yang lalu, dengarkan beberapa siaran radio asli asli, kenali bangunan yang masih ada di jakarta hari ini, Dan Mengagumi Beberapa Landmark Batavia yang indah yang telah sedih telah dihancurkan sejak saat itu. Selamat jalan! [NB: Pastikan Anda menyalakan suara, dan klik tombol HD di layar untuk melihat kualitas terbaik]" tulis Sven Verbeek di keterangan video Jakarta 1941 ciptaannya.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Dalam film berdurasi selama 10 menit 47 detik itu, terlihat jelas kondisi kehidupan Kota Jakarta, kala itu. Bagaimana kondisi jalan, gedung-gedung bersejarah dan kehidupan warga Jakarta.

Jika menonton film ini, sontak khayalan langsung melayang ke tahun 1941, sebab, Sven juga menambahkan suara-suara yang pernah memenuhi ruangan kehidupan warga Jakarta tahun 1941.

Mulai dari suara siaran radio, suara kicau burung bahkan suara anak-anak bernyanyi. Semua itu membuat seolah-olah Jakarta di tahun 1941, hidup lagi di masa kini.

Pada film dokumenter itu, Sven juga membubuhkan keterangan tulisan tentang apa-apa yang ada dalam film, seperti nama-nama jalan dan nama bangunan tempo dulu yang masih ada sampai sekarang.

Penasaran ingin mengintip kehidupan Jakarta 1941, tonton filmnya berikut:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya