Pintu Tol yang Ditutup Selama Asian Games Dikurangi, dari 19 Jadi 7

Penutupan Pintu Tol Slipi 2, Rabu, 1 Agustus 2018
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah

VIVA – Pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, bersama dengan Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, juga Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek akan mengurangi jumlah ruas tol yang ditutup saat pelaksanaan Asian Games. Namun, untuk jam pemberlakuannya tetap sama.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Jika sebelumnya ada sebanyak 10 pintu tol yang akan ditutup pada ruas perjalanan atlet dari Wisma Atlet Kemayoran menuju venue di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Nampaknya, hanya empat pintu tol saja yang akan ditutup.

"Kami kurangi yang berangkat (awalnya) ada 10 pintu kita tutup, menjadi empat pintu tol saja," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusuf di Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu 1 Agustus 2018.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Dia menambahkan, pengurangan penutupan pintu tol juga dilakukan pada ruas jalan kepulangan atlet dari venue si SUGBK menuju ke Wisma Atlet Kemayoran. Awalnya, ada sembilan pintu tol yang akan ditutup, namun kini hanya jadi tiga pintu tol saja.

"Pertama adalah efektivitas penggunaan jalan tol, yang kedua adalah kondisi atau dampak dari penutupan itu di luar jalan tol," katanya.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Hal ini dilakukan, bukan tanpa alasan. Selain karena beberapa pertimbangan, pengurangan juga dilakukan, lantaran dalam simulasi terakhir perjalanan dari Wisma Atlet Kemayoran menuju SUGBK yang dilakukan hari ini, waktu tempuh dapat lebih cepat dari simulasi sebelumnya.

"Simulasi hari ini yang pertama kita melaksanakannya simulasi dari Wisma Atlet ke GBK. Di mana, jarak tempuh batas waktu yang ditentukan bisa kita laksanakan dalam waktu 20 menit. Kalau simulasi yang lalu itu waktunya 21 menit, jadi terjadi pengurangan satu menit. Kemudian, baliknya sama juga, jadi 20 menit GBK ke Wisma Atlet," ucap Yusuf.

Kemudian, lanjut dia, waktu tempuh dari Wisma Atlet Kemayoran menuju venue di TMII hanya membutuhkan selama 27 menit. Estimasi waktu itu sama seperti saat pihaknya menggelar simulasi, ketika tidak menutup ruas jalan tol.

Maka dari itulah, dilakukan pengurangan penutupan pintu tol. Adapun empat ruas tol yang akan ditutup saat jam keberangkatan atlet dari pukul 06.00-17.00 WIB yakni Angke 2, Tanjung Duren, Slipi 2, TMII 1. 

Kemudian, tiga ruas tol yang ditutup saat jam kepulangan dari pukul 12.00-21.00 WIB, yakni Angke 1, Slipi 1 dan TMII 2. Sedangkan sisanya, akan dilakuan sistem buka tutup melihat situasi di lapangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya