Pesan Berantai soal Perluasan Tilang Elektronik, Hoax

Ilustrasi hoax.
Ilustrasi hoax.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Sebuah pesan berantai soal peringatan adanya ujicoba perluasan program Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik di Jakarta viral di WhatsApp.

Dalam pesan berantai itu menyebutkan titik-titik mana saja yang akan melakukan uji coba. Pesan berantai menyebut perluasan terjadi di kawasan Jakarta Barat, kemudian juga Jakarta Timur.

Semisal di kawasan Lampu Merah Grogol, Jakarta Barat, kemudian di kawasan Pondok Gede, Jakarta Timur. Terkait hal ini, Ditlantas Polda Metro Jaya menegaskan hal tersebut adalah tidak benar atau hoax.

"Tidak benar itu. Pesan berantai itu hoax," kata Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Made Agus saat dikonfirmasi, Rabu 20 Februari 2019.

Untuk itu, dia mengimbau masyarakat tidak termakan berita bohong ini. Memang pihaknya akan melakukan perluasan E-TLE, tapi sampai saat ini uji coba di tempat lain belum dilakukan karena kurangnya kamera.

"Belum ada (uji coba di tempat yang disebutkan dalam pesan berantai)," ujarnya.

Meski begitu, ia tetap mengimbau para pengendara bisa tertib berlalu lintas walau E-TLE belum diterapkan diseluruh Ibu Kota. Kesadaran tertib berlalu lintas menurutnya perlu terus dilakukan agar mengurangi tingkat kecelakaam di jalan dan membantu mengurai kemacetan.

Berikut bunyi pesan berantai yang ternyata hoax itu:

INFO:

Yang melintas dijalan raya pondok gede kel.lubang buaya :


Besok ada uji coba tilang e-CCTV.

Berikut daftar Jl yang akan diuji coba antara lain:

- Jl.monumen pancasila sakti


- Gg.langgar


- Jl. Pangeran Syarif


- Jl. Gaber


- Jl. Andong


- Jl. Yusufiyah


- Jl. Bacang 1 s/d 3


- Jl. Gorda

- Jl. Veteran


- Jl. Gardu


Berhentilah di belakang garis Lampu TL.

Hati hati dengan kecepatan ketika lampu TL sdh menyala warna kuning.

Karena sensor CCTV akan me-ngezoom saat lampu kuning menyala.

Mungkin jg dibeberapa wilayah atau tempat lain.

Jangan lupa juga Utk Teman² yang kerja atau perjalanan ke *lubang buaya dan sekitarnya*  informasi mulai bulan maret akan dipasang ratusan CCTV di tempat2 yang rawan pelanggaran Lalu Lintas seperti Traffic Light maupun tempat lain.

Tujuan pemasangan CCTV tersebut adalah utk menangkap secara detail visual para pelanggar Lalin selanjutnya akan dilakukan penilangan secara elektronik dan dikirim surat kerumah alamat sesuai Nopol bahkan CCTV tersebut dpt menangkap gambar wajah dan Nopol secara jelas.

Khususnya rekan2 jika berhenti dilampu merah jangan melebihi *Stop Line* lebih baik ambil belakangnya Stop Line.

Bahwa CAMAT CIPAYUNG, LURAH LUBANG BUAYA akan menggandeng kerja sama Satlantas POLRES JAKTIM, Kejaksaan Negeri , Pengadilan Negeri dan FORKABI Lubang Buaya, FBI, CIA, Secret Service maupun instansi lain.

Mari bersama -sama tertib Lalu Lintas di jalan dg Motto *Keselamatan Sebagai Kebutuhan No 1.*

Aplikasi dilapangan akan segera di publikasikan.