Kronologi Temuan Tiga Karung Lapisan E-KTP di Depok

Lembaran lapisan blanko e-KTP ditemukan di Cimanggis Depok
Sumber :

VIVA – Sebanyak tiga karung blanko lapisan belakang Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-KTP ditemukan tak bertuan di lahan kosong di kawasan kavling DDN, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Depok, Jawa Barat pada Jumat, 22 Maret 2019.

Rektor UIN Jakarta Semprot Agus Rahardjo Soal e-KTP: Pak Agus Seharusnya Merespon Saat Itu

Data yang berhasil dihimpun menyebutkan, temuan itu bermula ketika salah seorang warga hendak membersihkan sebuah bedeng yang berdiri di lahan kosong tersebut pada Jumat pagi.
 
"Setelah mau di bersihkan bedeng tersebut, warga melihat ada karung berjumlah 3 buah dan mencoba membuka karung tersebut ternyata berisi lapisan luar bagian belakang e-KTP yang ada gambar Garuda-nya," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok, Linda saat dikonfirmasi pada Sabtu 23 Maret 2019.

Oleh warga, temuan itu kemudian dilaporkan kepada sekuriti setempat yang kemudian dikoordinasikan ke Satpol-PP Kecamatan Cimanggis. "Saat ini barang bukti sudah kami serahkan ke Polsek Cimanggis. Jadi seperti itu ditemukannya, tergeletak begitu saja di lahan kosong," kata Linda.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Sementara itu, Kapolsek Cimanggis, Komisaris Polisi Suyud, tak menampik adanya temuan tersebut. Namun ia memastikan, itu hanyalah plastik pelapis e-KTP dan sudah tidak terpakai. "Itu lapisan yang reject (rusak). Ini lembaran kaya kertas kok," katanya.

Menurut Suyud, temuan itu bermula dari adanya informasi warga. barang itu ditemukan di lahan kosong dekat bedeng di kawasan tanah kavling DDN, Harjamukti, Kecamata Cimanggis. "Ada di karung sekitar 3 iket lah. Namanya barang enggak berlaku, rusak," jelasnya.

Ogah Jadi Hakim Moral, Alasan Prabowo Tak Cecar Ganjar soal Kasus Wadas hingga e-KTP Saat Debat

Lebih lanjut Suyud mengaku, pihaknya belum bisa memastikan apakah barang tersebut sengaja dibuang atau ada unsur kesengajaan. Ia juga mengaku belum berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) atau Disdukcapil lantaran ini hanyalah lembaran tak terpakai.

"Kita belum tahu ini milik siapa, karena bedeng itu enggak ada penghuninya tanah kosong. Tentunya kalau KTP langsung kami lapor, ini lembaran yang salah cetak, kalo KTP akan kita tindaklanjuti. Ini lembaran cetakan KTP yang rusak," tegasnya. (ren)

Cara membuat KTP digital

INFOGRAFIK: Cara Buat KTP Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan rencana penggantian e-KTP fisik dengan KTP Digital atau disebut dengan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2023