Pemohon Rumah DP Nol Rupiah Bisa Ajukan Kredit ke Bank DKI

Kepala UPT Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera Dzikran Kurniawan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adinda Purnama Rachmani

VIVA – Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera Dzikran Kurniawan mengatakan, para pemohon hunian rumah DP 0 rupiah di Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, dapat melakukan konsultasi dengan Bank DKI  untuk proses kredit. 

Viral Rumah Penampungan Pengungsi Rohingya di Sidoarjo Dirusak Orang Tak Dikenal

"Biasanya proses kredit memakan waktu sekitar dua minggu, sehingga estimasi mereka pada pertengahan atau akhir Agustus 2019. Nama-nama yang pengajuan kreditnya disetujui oleh Bank DKI dapat diumumkan, dan akan dapat diadakan acara akad kredit," ujar Dzikran di Balai Kota Jakarta Pusat, Rabu, 24 Juli 2019.

Dzikran mengatakan, pihaknya melakukan verifikasi yang cukup selektif kepada calon pemohon. Selain tim analis dari Bank DKI, pihaknya juga memverifikasi data yang sudah diberikan pemohon agar tepat sasaran. 

Atap Ambruk, Pemprov DKI Ungkap Rusun Marunda Blok C Sudah Tak Layak Huni

"Perlu kami sampaikan sebagaimana tadi dijelaskan oleh pak kepala dinas bahwa program ini memang kita lakukan verifikasi cukup selektif agar tidak terjadi ketidaktepatan sasaran. Jadi verifikasi yang kami lakukan menggunakan seluruh data yang tersedia di pemprov," ujarnya. 

Di Rusunami Klapa Village, pemilik unit hunian DP 0 Rupiah akan memperoleh sertifikat hak milik (strata tittle), serta akan mencicil dengan bunga fixed 5 persen per tahun selama 15 atau 20 tahun.

Warga Gusuran JIS Ditawarkan Pemprov DKI Tinggal di Rusun Nagrak

Sedangkan untuk sarana transportasi publik, telah tersedia bus Transjakarta dengan kode 7P rute BKN Cawang – Pondok Kelapa yang telah beroperasi sejak 28 Juni 2019. 

Dari rusunami tersebut ke BKN Cawang dan sebaliknya, bus hanya membutuhkan waktu 30 menit. Namun, saat jam sibuk perjalanan lebih lama 10 sampai 15 menit.
 

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Pemprov DKI Bakal Bangun Rusun di Tanjung Priok untuk Warga Eks Kampung Bayam

Rusun untuk warga Kampung Bayam akan mulai dibangun pada 2025.

img_title
VIVA.co.id
24 Januari 2024