Sebelum Ditembak Rekannya, Bripka Rahmat Berjasa Halau Tawuran Warga

Bripka Rahmat Effendi tewas ditembak juniornya di Polsek Cimanggis.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menjelang akhir hayatnya, Bripka Rahmat Effendi, anggota Samsat Polda Metro Jaya yang tewas ditembak sesama polisi, ternyata sempat berjasa menghalau tawuran. 

2 Polisi Gugur Ditembak KKB di Paniai, Senpi AK-47 Dicuri

Hal itu diungkapkan Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Sumardji saat ditemui di rumah duka di kawasan Permata Tapos Residence, Depok, Jawa Barat, Jumat, 26 Juli 2019. 

Sumardji menjelaskan, sebelum peristiwa penembakan itu terjadi, Bripka Rahmat sedang mengamankan pelaku tawuran dengan barang bukti sebilah celurit ke Polsek Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Kamis malam, 25 Juli 2019.

Viral Terekam Seorang Wanita Lahiran Sendiri di Mushola Kota Depok

"Kemarin itu korban membawa pelaku pengeroyokan rencana mau menyerang kampung tetangga sebelah bawa celurit dibawa ke polsek. Di situ nahas diakhiri hidupnya oleh sesama temannya dari Pol Air," katanya.

Sumardji berharap, kasus ini bisa menjadi pelajaran agar tidak terulang di kemudian hari. "Semuanya jangan terjadi lagi cukup sampai di sini saja sehingga jadi pembelajaran agar anggota Polri lebih sabar, tidak gampang marah emosi dan berpikir jernih. Jangan meluapkan kemarahan yang tidak diinginkan masyarakat," ujarnya.

Anak Buah Irjen Ferdy Sambo Tewas Ditembak, Polri: Pelaku Diamankan

Rencananya, jasad Bripka Rahmat bakal dimakamkan di kawasan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pria 41 tahun itu meninggalkan satu orang istri dan dua anak. Sementara itu, pelakunya, Brigadir RT tengah menjalani proses hukum di Polda Metro Jaya.

Peristiwa penembakan ini bermula saat terduga tersangka, polisi berpangkat Brigadir dengan inisial RT, emosi lantaran Bripka Rahmat Effendi  menolak permintaannya dengan nada kasar. Awalnya Bripka Rahmat Effendi mengamankan seorang pelaku tawuran inisial FZ beserta barang bukti berupa clurit ke Polsek Cimanggis. Lalu, orang tua FZ datang ke polsek didampingi Brigadir RT dan Brigadir R. Mereka meminta FZ dibebaskan, namun ditolak oleh Bripka Rahmat Effendi.

Tak terima dengan perlakuan tersebut, Brigadir RT kemudian pergi menuju ruangan lainnya yang bersebelahan dengan ruangan Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polsek Cimanggis. Ia mengambil sebuah senjata api jenis HS 9. Brigadir RT langsung meletuskan tujuh peluru ke tubuh Bripka Rahmat Effendi dan mengenai perut, dada, leher dan paha. Tembakan ini membuat Bripka Rahmat Effendi tewas seketika.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya