Mati Listrik, Penumpang KRL Gelar Koran Tidur di Stasiun

Ilustrasi penumpang KRL.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Salah satu penumpang KRL, Latifah, mengaku sempat terjebak di dalam gerbong kereta pada saat pemadaman listrik di wilayah Jabodetabek, Minggu 4 Agustus 2019. Kereta yang ia tumpangi berhenti mendadak saat menuju Stasiun Universitas Indonesia. 

Gegara Listrik Padam, 3 Pegawai Pemkab Brebes Panik Terjebak Dalam Lift 45 Menit 

Latifah terjebak pada saat perjalanannya dari Bogor menuju Jakarta. Untungnya, kereta berhenti pada saat kereta hampir sampai di peron Stasiun UI. 

"Tapi tuh sudah mau deket gitu, jadi kayak sudah di stasiunnya," kata Latifah kepada VIVAnews, Senin, 5 Agustus 2019.

Hujan Seharian, Bogor Dikepung Banjir dan Mati Listrik

Dari pantauan Latifah kemarin, penumpang panik saat kereta berhenti mendadak. Dia dan penumpang lainnya tidak terjebak terlalu lama di dalam kereta, karena petugas di stasiun cukup tanggap dalam menghadapi situasi ini. 

"Aman sih menurut aku, karena petugasnya juga cepet tanggap gitu, sama petugasnya diarahin," ujar Latifah. 

Panas Bangladesh Hingga 41 Derajat Celcius, Sekolah Minggu Ini Ditutup

Semua penumpang yang berada di dalam kereta diarahkan untuk keluar dari gerbong oleh para petugas. Seluruh penumpang keluar melalui pintu yang terbuka. 

Dikarenakan gerbong kereta yang belum semuanya mencapai peron, sebagian penumpang harus melompat dari dalam kereta untuk turun dari kereta. Sementara itu, sebagian penumpang ada yang turun langsung di peron. 

Penumpang diarahkan untuk menunggu di dalam stasiun. Tetapi, ada juga penumpang yang keluar dari stasiun dan melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi lainnya. 

"Pihak keretanya tuh cepat gitu, kalau mau batalin bisa keluar dan cari transportasi lain," tutur Latifah. 

Latifah mengatakan, keadaan di dalam stasiun sangat ramai karena penumpukan penumpang yang masih menunggu sampai KRL beroperasi kembali. Karena menunggu cukup lama, banyak penumpang yang tidur-tiduran di stasiun. 

"Lucu sih. Aku sudah desak-desakan terus pada tidur gelar koran," ujarnya.

Penumpang yang memilih menunggu KRL beroperasi kembali memenuhi stasiun dan meramaikan gerai-gerai yang ada di dalam stasiun. Mereka menunggu KRL beroperasi kembali sampai pukul 21.00 WIB. 

"Kalau saya di luarnya ada kali enam jam mah dari jam 3 sore, pokoknya baru jalan lagi jam 9 malam," kata Latifah. 

Laporan: Dea Syavira

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya