Cegah Corona, Anies: Mulai Sabtu Besok Lebih Baik Tinggal di Rumah

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar GM

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyampaikan, Pemprov DKI, mulai menginisiasi pelaksanaan strategi social distancing atau berupaya menjauhkan warga satu sama lain sebagai upaya untuk menekan penyebaran corona.

Pengamat: Duet Anies-Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Berani

Menurut Anies yang juga mantan Mendikbud ini, Pemprov, mengimbau warga untuk bersama-sama melakukan strategi itu dengan mulai menghindari aktivitas di luar rumah, juga lingkungan permukimannya sendiri, sejak Sabtu besok, 14 Maret 2020.

"Saya akan sampaikan kepada seluruh masyarakat Jakarta, untuk memprioritaskan kegiatan di rumah dan di pemukiman sekitar," ujar Anies dalam konferensi pers di Balairung Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat, 13 Maret 2020.

Duet Anies-Ahok di Pilgub DKI Dipastikan Tak Bisa Terjadi, KPU Ungkap Alasannya

Anies mengungkapkan, jika pun harus keluar rumah atau lingkungannya, sebisa mungkin, aktivitas tidak dilakukan di area di mana ada kerumunan orang banyak. Strategi harus diambil karena penyebaran corona, sudah semakin cepat di mana pemerintah pusat, sudah mengumumkan pula ada 69 orang positif terjangkit.

"Ini mulai hari Sabtu (dan) Minggu besok," ujar Anies.

Isu Duet Anies-Ahok di Pilkada DKI, Ganjar: Daftar Dulu Aja

Anies juga mengemukakan, sekali pun strategi terbilang ketat, social distancing, tidak berarti lock down atau isolasi total seperti dilakukan di Wuhan, China, atau Italia. Pemprov hanya mendorong warga untuk bersama-sama melakukan aksi menekan semakin menyebarnya corona.

"Sebisa mungkin kurangi kegiatan di luar rumah, kecuali yang urgent, seperti belanja kebutuhan pokok, atau harus ada pemeriksaan medis, atau kebutuhan-kebutuhan penting lainnya. Bila tidak penting, bila tidak produktif, di rumah dulu," ujar Anies.

Pakar hukum tata negara Refly Harun.

Keras! Refly Sentil Anies: Dia Kan Individual, Tak Perlu Raker untuk Mengatakan Oposisi

Refly Harun membandingkan dua mantan capres yang kalah di Pilpres 2024 Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo terkait menyampaikan sikap oposisi.

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2024