Bus Margonda Commuter Mulai Diuji Coba di Jalur Biang Macet Depok

Armada bus Margonda Commuter di Kota Depok, Jawa Barat.
Sumber :
  • VIVAnews/Zahrul Darmawan

VIVA – Dinas Perhubungan Kota Depok berupaya keras menyosialisasikan program Joyfull Traffic Management atau yang disebut JoTram sebagai upaya mengurai kemacetan di kota itu, terutama di jalur utama biang kemacetan, Jalan Margonda Raya.

Puncak Arus Balik Lebaran di Sumut Berlangsung Selama 3 Hari

Dua di antara program dalam JoTram ialah Park n Ride dan Margonda Commuter. Program pertama adalah penyediaan lahan parkir di kompleks Balai Kota bagi pengendara mobil, sementara Margonda Commuter berupa layanan bus dengan trayek ke sejumlah pusat perbelanjaan di kawasan Jalan Margonda Raya. Kebijakan itu berlaku hanya pada hari Sabtu dan Minggu.

“Kedua item ini saling berkaitan. Masyarakat yang menggunakan mobil pribadi bisa beralih ke Margonda Commuter dan memarkirkan kendaraannya di Balai Kota secara cuma-cuma alias gratis, pada tahap uji coba ini,” kata Kepala Dinas Perhubungan Dadang Wihana, Sabtu, 9 September 2019.

Arus balik di Padalarang Diprediksi sampai 15 April Kuantitas Lebih Besar dibanding Arus Mudik

Sementara ini, dalam tahap uji coba, dioperasikan tiga bus untuk Margonda Commuter. Pemerintah berencana menambah lagi armadanya hingga sepuluh bus dan masing-masing dilengkapi fasilitas penyejuk ruangan (AC) dan layanan internet nirkabel. 

Dadang berharap kebijakan ini dapat membantu mengurai kepadatan arus lalu lintas di Kota Depok, khususnya di Jalan Margonda, pada Sabtu dan Minggu. Tarif bus Margonda Commuter dipatok Rp5.000. (ase)

Polisi Pastikan Tak Ada Kemacetan di Aceh Meskipun Lokasi Wisata Penuh
Operasi penindakan praktik pungli parkir di Terminal Depok

Tim Saber Pungli Depok Beraksi, Amankan 4 Orang dari Terminal Depok

Empat orang diamankan diduga melakukan praktik pungutan liar (pungli) di Terminal Terpadu Depok Baru. Keempat orang itu diamankan oleh Tim Saber Pungli pada Jumat, 19 Apr

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024